PENGARUH PAKAN PELET KOMBINASI TEPUNG ANAK AYAM DAN TEPUNG DAUN TURI TERHADAP PERTUMBUHAN IKAN PATIN (Pangasius pangasius Ham. buch) SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI SMA KELAS XII MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN

Pratama, Riky (2020) PENGARUH PAKAN PELET KOMBINASI TEPUNG ANAK AYAM DAN TEPUNG DAUN TURI TERHADAP PERTUMBUHAN IKAN PATIN (Pangasius pangasius Ham. buch) SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI SMA KELAS XII MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (586kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (226kB) | Preview
Official URL: http://eprints.ummetro.ac.id

Abstract

Ikan patin (Pangasius pangasius Ham. buch), merupakan golongan jenis ikan yang tidak memiliki sisik, ikan ini banyak dikonsumsi dan diolah menjadi aneka jenis olahan makanan karena kandungan nutrisinya yang tinggi, diantaranya olahan makanan berbahan dasar ikan patin yaitu pindang ikan patin dan abon ikan patin. Pemanfaatan ikan patin untuk dikonsumsi yaitu untuk memenuhi kebutuhan protein hewani yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia, selain dari protein nabati. beberapa manfaat kandungan gizi ikan patin bagi tubuh manusia yaitu dapat membantu proses tumbuh-kembangnya otak (kecerdasan), perkembangan indra penglihatan, dan sistim kekebalan tubuh bayi balita. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pakan pelet kombinasi tepung anak ayam dan tepung daun turi terhadap pertumbuhan ikan patin, untuk mengetahui kombinasi terbaik terhadap pertumbuhan ikan patin dan untuk mengetahui pemanfaatan hasil penelitian sebagai sumber belajar biologi berupa LKPD. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan rancangan yaitu Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 6 kali ulangan, P0 sebagai kontrol tanpa kombinasi Tepung anak ayam dan tepung daun turi, P1 kombinasi (Pelet 60%:Taa20%:Tdt20%), P2 kombinasi (Pelet 60%:Taa30%:Tdt10%), P3 kombinasi (Pelet 60%:Taa10%:Tdt30%). Parameter yang diamati adalah panjang dan bobot mutlak ikan patin. Berdasarkan hasil penelitian mengenai pengaruh pemberian pakan pelet kombinasi tepung anak ayam dan tepung daun turi terhadap pertumbuhan ikan patin yaitu didapatkan hasil perhitungan statistik ANAVA satu arah diperoleh nilai F hitung panjang ikan= 3,53 > F daf = 3,10 dan F hitung bobot ikan= 5,40 > F daf = 3,10 maka dengan demikian pemberian pakan pelet kombinasi tepung anak ayam dan tepung daun turi berpengaruh terhadap pertumbuhan ikan patin, melalui uji lanjut BNJ diperoleh bahwa perlakuan kombinasi terbaik terhadap pertumbuhan ikan patin yaitu pada P2 dengan kombinasi (Pelet 60%:Taa30%:Tdt10%) dengan demikian hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar biologi SMA kelas XII semester ganjil materi pertumbuhan dan perkembangan.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Creators:
CreatorsNIM/NPMEmail
Pratama, Rikynim16320018UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorAchyani, Achyaninidn0015086501UNSPECIFIED
Thesis advisorSulistiani, Widya Sartikanidn0205118503UNSPECIFIED
Thesis advisorLepiyanto, Agilnidn0212028502UNSPECIFIED
Additional Information: 009/Pend. Biologi/2020
Uncontrolled Keywords: Pelet, Tepung Anak Ayam, Tepung Daun Turi, Ikan Patin
Subjects: 500 Ilmu Murni > Biologi, Ilmu Hayati
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Dharma Eko Prasetyawan
Date Deposited: 10 Dec 2020 07:24
Last Modified: 10 Dec 2020 07:24
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/333

Actions (login required)

View Item View Item