PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI NILAI-NILAI KARAKTER PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS XI SMA NEGERI 5 METRO

Rizki, Selly Kurnia (2020) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI NILAI-NILAI KARAKTER PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS XI SMA NEGERI 5 METRO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (192kB) | Preview
Official URL: http://eprints.ummetro.ac.id

Abstract

Seorang guru memiliki kewajiban untuk mengajar dan mendidik, sehingga seorang guru tidak hanya berusaha menyampaikan ilmu kepada siswanya tetapi juga mendidik kepribadian, sikap dan sifat siswa. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk menghasilkan modul pembelajaran biologi berbasis problem based learning terintegrasi nilai-nilai karakter pada materi sistem pencernaan manusia yang layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Modul dikembangkan sesuai dengan sistematika dan standar kriteria kelayakan modul pembelajaran. Penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian pengembangan atau menggunakan model pengembangan 4-D. Proses untuk menghasilkan modul ini diawali dengan tahap validasi modul oleh 2 ahli materi dan 2 ahli desain. Modul juga diuji cobakan ke sekolah untuk melihat respon pengguna yaitu guru mata pelajaran biologi dan 15 siswa SMA Negeri 5 Metro. Hasil validasi modul mengalami peningkatan persentase dari sebelum dan setelah dilakukan revisi. Hasil validasi modul dari segi desain 95%. Hasil validasi modul dari segi materi 96%. Modul selanjutnya diuji cobakan ke sekolah untuk mengetahui respon pengguna. Hasil uji respon pengguna yaitu guru mata pelajaran biologi memperoleh persentase 94% dan hasil uji respon siswa memperoleh 92,66%. Berdasarkan persentase yang diperoleh dari guru dan 15 siswa, maka modul masuk dalam kategori “Sangat Baik” sehingga dapat digunakan untuk membantu guru dan siswa dalam prose pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 007/Pend. Biologi/2020
Uncontrolled Keywords: Modul, inkuiri terbimbing, pengintegrasian nilai-nilai keislaman
Subjects: 500 Ilmu Murni > Biologi, Ilmu Hayati
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Dharma Prasetyawan
Date Deposited: 10 Dec 2020 06:59
Last Modified: 10 Dec 2020 06:59
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/329

Actions (login required)

View Item View Item