Pengaruh Penggunaan Media Belajar Tekanan Hidrostatis terhadap kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik di MAN 1 Lampung Timur Tahun Pelajaran 2019/2020

nurrohmah, eka (2020) Pengaruh Penggunaan Media Belajar Tekanan Hidrostatis terhadap kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik di MAN 1 Lampung Timur Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (172kB) | Preview
Official URL: http://eprints.ummetro.ac.id

Abstract

Peserta didik perlu untuk diberikan bekal kemampuan berpikir kritis agar sebagai peserta didik atau Peserta Didik mampu menyeleksi dan memeriksa kebenaran dari suatu jawaban atau pendapat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh penggunaan media belajar tekanan hidrostatis terhadap kemampuan berpikir peserta didik. Metode penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen. Percobaan yang dilakukan dengan menggunakan alat peraga tekanan hidrostatis di Kelas XI IPA untuk menjelaskan meteri tekanan hidrostatis. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA di MAN 1 Lampung Timur. Sampel penelitian adalah kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen, dan XI IPA 2 Sebagai kelas Kontrol. Pengambilan sampel menggunakan Cluster random sampling. Instrumen penelitian menggunakan soal tes dan analisis data menggunakan rumus uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dan pengujian hipotesis yang telah dilakukan dengan menggunakan uji-t yang diperoleh yaitu thitung > ttabel atau 4,98 > 2,000, yang artinya bahwa rata-rata kemampuan berpikir kritis peserta didik yang pembelajarannya menggunakan media belajar tekanan hidrostatis lebih tinggi daripada kemampuan berpikir kritis peserta didik yang pembelajarannya tidak menggunakan media belajar tekanan hidrostatis. Kesimpulan dari hasil penelitian ini bahwa ada pengaruh Penggunaan Alat Peraga Tekanan Hidrostatis terhadap Kemampuan berpikir kritis peserta didik di MAN 1 Lampung Timur Tahun Pelajaran 2019/2020. Berdasarkan hasil penelitian saranya agar guru dan calon guru bidang Fisika hendaknya memperhatikan penggunaan alat peraga dalam pembelajaran. Hal ini karena dalam pembelajaran media sangat penting untuk mengembangkan kemampuan peserta didik yang salah satunya adalah kemampuan berpikir kritis.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Creators:
CreatorsNIM/NPMEmail
nurrohmah, ekanim13330019UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorpartono, partononidn0013046603UNSPECIFIED
Thesis advisorbarkah salim, muhammadnidn0202058602UNSPECIFIED
Thesis advisorhidayatullah, dedynidn0219128401UNSPECIFIED
Additional Information: 002/Pend.Fisika/2020
Uncontrolled Keywords: Media belajar tekanan Hidrostatis, kemampuan berpikir kritis
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Pendidikan
Depositing User: M Derie Santana
Date Deposited: 10 Dec 2020 06:45
Last Modified: 10 Dec 2020 06:45
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/327

Actions (login required)

View Item View Item