LESTARI, ANTIKA EKA (2024) “PENGARUH PENJUALAN SECARA SOCIAL COMMERCE TIKTOK TERHADAP PENURUNAN KEPUTUSAN PEMBELIAN DI PASAR TRADISIONAL CENDRAWASIH KOTA METRO”. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.
|
Text
Abstrak 2024.pdf Download (5kB) | Preview |
|
|
Text
1. COVER.pdf Download (501kB) | Preview |
|
|
Text
2. BAB I.pdf Download (65kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB III.pdf Download (115kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB V.pdf Download (3kB) | Preview |
|
|
Text
7. DAFTAR LITELATUR.pdf Download (44kB) | Preview |
Abstract
Internet telah menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia, memungkinkan akses informasi dan komunikasi dari mana saja. Perkembangan ini juga membuka peluang bisnis melalui media sosial, melahirkan tren social commerce (S-commerce), yang memungkinkan transaksi jual beli langsung secara online. Namun, tren ini memberikan tantangan bagi pasar tradisional, terutama setelah pandemi Covid-19, yang mempercepat perkembangan pasar online seperti TikTok Shop. Kehadiran TikTok Shop mengubah cara konsumen berbelanja, terutama dengan konten menarik yang mendorong pembelian impulsif. Hal ini menyebabkan penurunan jumlah pelanggan dan penjualan di pasar tradisional, menciptakan persaingan baru dalam ekonomi lokal. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik accidental sampling, melibatkan 96 pembeli di Pasar Tradisional Cendrawasih Kota Metro sebagai sampel. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, normalitas, linearitas, analisis regresi sederhana, uji t, uji R², dan uji hipotesis statistik menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penjualan melalui social commerce TikTok Shop memiliki pengaruh signifikan terhadap perubahan pola belanja konsumen di Pasar Tradisional Cendrawasih, terutama di kalangan milenial. Berdasarkan analisis data, social commerce berpengaruh sebesar 55,6% terhadap variasi keputusan pembelian, sementara 44,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam model penelitian ini. Namun, sebagian generasi yang lebih tua masih menunjukkan preferensi kuat untuk berbelanja di pasar tradisional.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Additional Information: | 110/S1 Manajemen/2024 |
Uncontrolled Keywords: | Social Commerce, TikTok, Keputusan Pembelian, Pasar Tradisional. |
Subjects: | 600 Ilmu Terapan > Manajemen |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen |
Depositing User: | isna isna isna |
Date Deposited: | 13 Feb 2025 08:04 |
Last Modified: | 13 Feb 2025 08:04 |
URI: | http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/3253 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |