RAMADHANTI, AMANDA PUTRI (2024) PENGARUH GAMIFICATION TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KETERLIBATAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PENGGUNA APLIKASI TOKOPEDIA (Studi Pada Mahasiswa FEB 2020 Universitas Muhammadiyah Metro). Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.
|
Text
Abstrak 2024.pdf Download (5kB) | Preview |
|
![]() |
Text
COVER.pdf Download (63B) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (72kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (12kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR LITERATUR.pdf Download (35kB) | Preview |
Abstract
Perkembangan internet saat ini telah lebih jauh tidak hanya untuk berkomunikasi tetapi juga untuk memesan kendaraan, berdagang, bekerja, dan bahkan membeli properti. Munculnya kebutuhan konsumen yang lebih mengambil keputusan secara cepat dan tepat yang berdampak langsung terhadap perilaku konsumen dalam membeli dan menggunakan produk secara online. Maka dari itu kesempatan untuk membuka bisnis online juga sangat meningkat. Loyalitas pelanggan merupakan hal yang penting untuk diperhatikan, salah satu cara yang bisa digunakan oleh marketplace saat ini adalah memberikan sebuah program yang diharapkan bisa meningkatkan loyalitas pengguna. Gamification merupakan metode yang menggunakan elemen-elemen pada konteks lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah gamification berpengaruh langsung terhadap loyalitas, untuk mengetahui apakah gamification berpengaruh langsung terhadap keterlibatan pelanggan, untuk mengetahui apakah keterlibatan pelanggan berpengaruh langsung terhadap loyalitas. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa FEB Universitas Muhammadiyah Metro Angkatan 2020 dengan menggunakan rumus slovin didapat sampel sebanyak 76 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, dengan analisis data menggunakan Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Analisis jalur (Path Analysis). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa gamification berpengaruh langsung terhadap loyalitas pelanggan pada aplikasi Tokopedia, gamification berpengaruh langsung terhadap keterlibatan pelanggan pada aplikasi Tokopedia, keterlibatan pelanggan berpengaruh langsung terhadap loyalitas pelanggan pada aplikasi Tokopedia.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Additional Information: | 112/S1 Manajemen/2024 |
Uncontrolled Keywords: | Gamification, Keterlibatan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan |
Subjects: | 600 Ilmu Terapan > Manajemen |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen |
Depositing User: | isna isna isna |
Date Deposited: | 13 Feb 2025 07:49 |
Last Modified: | 13 Feb 2025 07:49 |
URI: | http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/3249 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |