PENGARUH REGRET AVERSION BIAS DAN OVERCONFIDENCE TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTASI CRYPTOCURRENCY PADA GENERASI Z

KHADAFI, MUAMMAR (2024) PENGARUH REGRET AVERSION BIAS DAN OVERCONFIDENCE TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTASI CRYPTOCURRENCY PADA GENERASI Z. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
Abstrak 2024-2.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. COVER-1.pdf

Download (799kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I-1.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB III-1.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB V-1.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA-1.pdf

Download (106kB) | Preview

Abstract

Behavioral Finance merupakan fenomena psikologi seseorang yang dapat mempengaruhi seorang investor dalam aktivitas keuangan, perilaku keuangan ini dapat terjadi karena adanya sifat tidak rasional seorang investor terutama dalam pengambilan keputusan investasi. Penelitian ini mempunyai tujuan yakni untuk mengetahui apakah regret aversion bias berpengaruh terhadap pengambilan keputusan investasi cryptocurrency pada generasi z. Untuk mengetahui apakah Overconfidence berpengaruh terhadap pengambilan keputusan investasi cryptocurrency pada generasi z. Dan untuk mengetahui apakah regret aversion bias dan overconfidence berpengaruh terhadap pengambilan keputusan investasi cryptocurrency pada generasi z dan mengetahui apa dampaknya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan purpose sampling dimana sampel penelitian ini berjumlah 60 responden yang merupakan seorang investor cryptocurrency generasi z. Analisis data menggunakan pengujian persyaratan instrument yaitu uji validitas dan reliabilitas. Uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas, uji linieritas dan uji homogenitas. Dan uji hipotesis menggunakan uji analisis regresi linier berganda, uji parsial (Uji T). uji simultan (Uji F), dan uji koefisien determinasi (R 2 ). Dengan menggunakan program aplikasi perangkat lunak SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1). Regret aversion bias berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengambilan keputusan investasi cryptocurrency pada generasi z. 2). Overconfidence berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengambilan keputusan investasi cryptocurrency pada generasi z. dan 3). Regret aversion bias dan overconfidence berpengaruh dan signifikan terhadap pengambilan keputusan investasi cryptocurrency pada generasi z.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 32/S1 Manajemen/2024
Uncontrolled Keywords: Behavioral Finance, Regret Aversion Bias, Overconfidence, Cryptocurrency, Pengambilan Keputusan Investasi.
Subjects: 600 Ilmu Terapan > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: Tri Kris Krisniati
Date Deposited: 10 Feb 2025 07:03
Last Modified: 12 Feb 2025 02:12
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/3044

Actions (login required)

View Item View Item