PENGARUH JENIS PAKAN (Daphnia sp, Tubifex sp dan Pelet Betta Vit) TERHADAP PERTUMBUHAN IKAN CUPANG (Beta sp) SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN KELAS XII

Ananda, Inas (2020) PENGARUH JENIS PAKAN (Daphnia sp, Tubifex sp dan Pelet Betta Vit) TERHADAP PERTUMBUHAN IKAN CUPANG (Beta sp) SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN KELAS XII. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (140kB) | Preview
Official URL: http://eprints.ummetro.ac.id

Abstract

Ikan cupang merupakan salah satu komoditas ikan hias air tawar yang diminati, baik di pasar domestik maupun pasar internasional (ekspor). Keberadaan pasar tersebut menjadikan budidaya ikan cupang (Betta splendens) memiliki prospek yang menjanjikan. Ikan cupang banyak diminati oleh masyarakat luas, baik anak-anak maupun orang dewasa, karena ikan cupang memiliki keindahan warna tubuh, sirip dan ekor yang beragam serta memiliki jenis yang banyak sehingga memiliki nilai ekonomis yang tinggi dan wilayah pemasaran yang luas. Salah satu faktor utama yang harus dikontrol dalam pemeliharaannnya adalah ketersediaan dan jenis pakan yang memadai dan mencukupi kebutuhan nutrisi untuk pertumbuhan dan perkembangannya serta ukuran pakan yang sesuai dengan usia dan ukuran mulut ikan. Kendala yang sering ditemui dalam pemberian pakan adalah pertumbuhan dan perkembangan ikan Cupang tidak maksimal atau tidak sesuai dengan usianya, sehingga waktu pemanenan relatif lama dan memakan waktu. Tujuan dari penelitian adalah mengetahui pengaruh pemberian jenis pakan terhadap pertumbuhan ikan cupang dan untuk mengetahui jenis pakan mana yang paling baik serta menjadikan hasil penelitian sebagai sumber belajar biologi berupa LKPD. Pengambilan data dilakukan dengan metode eksperimen berupa penelitian Rancangan Acak Lengkap (RAL) yaitu dengan melakukan penelitian dan pengamatan terhadap pertumbuhan ikan cupang (Betta sp). Hasil penelitian pertumbuhan ikan cupang berupa berat ikan (gr) didapatkan hasil bahawa berat ikan cupang yang diberi perlakuan kontrol berupa pakan PF 800 memiliki rerata pertumbuhan sebesar 2,07 gr, perlakuan satu berupa pemberian pakan Betta Vit memiliki rerata pertumbuhan sebesar 2,12 gr, perlakuan dua berupa pemberian pakan Daphnia sp memiliki rerata pertumbuhan sebesar 3,14 gr, dan perlakuan tiga berupa pemberian pakan cacing sutra/ Tubifex sp memiliki rerata pertumbuhan sebesar 2,41 gr. Hasil uji ANAVA satu jalur menunjukan bahwa jenis pakan memiliki nilai F hitung 3,87 F daftar 3,86 maka Ho ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa Jenis Pakan berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan berat (gr) ikan cupang (Beta sp.). hasil validasi LKPD menunjukan bahwa LKPD yang dibuat layak digunakan sebagai sumber belajar Biologi kelas XII pada materi Pertumbuhan dan Perkembangan ddengan ratarata nilai validasi 80% atau Baik.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Creators:
CreatorsNIM/NPMEmail
Ananda, Inasnim14320096UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSutanto, Agusnidn0027086201UNSPECIFIED
Thesis advisorZen, Suharnonidn0223028204UNSPECIFIED
Thesis advisorAchyani, Achyaninidn0015086501UNSPECIFIED
Additional Information: 022/Pend. Biologi/2020
Uncontrolled Keywords: Pengaruh jenis pakan, pertumbuhan, ikan cupang, sumber belajar Biologi kelas XII
Subjects: 500 Ilmu Murni > Biologi, Ilmu Hayati
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Dharma Eko Prasetyawan
Date Deposited: 07 Dec 2020 06:49
Last Modified: 07 Dec 2020 06:49
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/300

Actions (login required)

View Item View Item