PENGARUH PEMBERIAN CAMPURAN TEPUNG DAUN KELOR (Moringa oleifera Lamk.) DAN BEKATULTERHADAP PRODUKSI ITIK PEDAGING (Anas platyrhynchos) SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN

Khoirunnisa, Asri (2020) PENGARUH PEMBERIAN CAMPURAN TEPUNG DAUN KELOR (Moringa oleifera Lamk.) DAN BEKATULTERHADAP PRODUKSI ITIK PEDAGING (Anas platyrhynchos) SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (631kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LITERATUR.pdf

Download (101kB) | Preview
Official URL: http://eprints.ummetro.ac.id

Abstract

Penelitian tentang pengaruh pemberian campuran tepung daun kelor (moringa oleifera lamk.) dan bekatul terhadap produksi itik pedaging (anas platyrhynchos) sebagai sumber belajar biologi materi pertumbuhan dan perkembangan, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian campuran tepung daun kelor (Moringa oleifera Lamk.) dan bekatul terhadap produksi itik pedaging (Anas platyrhynchos), untuk mengetahui dosis yang terbaik terhadap produksi itik pedaging (Anas platyrhynchos), serta untuk membuat LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) yang dibuat dapat digunakan sebagai sumber belajar biologi SMA materi pertumbuhan dan perkembangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode teknik rancangan acak lengkap (RAL), Perlakuan yang diberikan adalah 4 perlakuan dengan 1 kontrol dan 3 perlakuan. Kontrol (100% bekatul tanpa campuran tepung daun kelor), P1 (2,5 tepung daun kelor dan 97,5% bekatul), P2 (5% tepung daun kelor dan 95% bekatul), P3 (7,5% tepung daun kelor dan 92,5% bekatul). Parameter yang diamati dalam penelitian ini yaitu berat dan panjang badan itik pedaging (Anas platyrhynchos). Hasil penelitian di uji menggunakan uji statistik parametrik atau yang biasa disebut uji Anava Satu Arah, dari uji ini hipotesis H 0 diterima pada berat/bobot itik pedaging, Hipotesis H 0 diterima karena F Hitung =4,66 > F Tabel = 2,95, Uji anava satu arah ini menunjukkan tidak ada perbedaan yang nyata terhadap keempat campuran pakan tersebut. Sedangkan pada panjang badan itik pedaging dari uji ini hipotesis H 0 diterima pada panjang badan itik pedaging, Hipotesis H 0 diterima karena F Hitung = 4,58 > F Tabel = 2,95, Uji anava satu arah ini menunjukkan tidak ada perbedaan yang nyata terhadap keempat campuran pakan tersebut. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah tidak terdapat pengaruh terhadap pemberian campuran tepung daun kelor (Moringa oleifera Lamk.) Dan bekatul terhadap produkasi itik pedaging (Anas platychynchos). Terdapat dosis terbaik terhadap produksi itik pedaging (Anas platychynchos) yaitu dosis pakan pada perlakuan 3 (P3) Campuran 7,5% tepung daun kelor dan 92,5% bekatul yang merupakan Campuran dosis terbaik dalam meningkatkan berat badan dan pertambahan panjang badan itik pedaging. LKPD yang dibuat telah layak dan dapat dijadikan sumber belajar untuk peserta didik biologi tingkat SMA sebagai materi pertumbuhan dan perkembangan.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Creators:
CreatorsNIM/NPMEmail
Khoirunnisa, Asrinim16320059UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSujarwanta, Agusnidn0005106311UNSPECIFIED
Thesis advisorZen, Suharnonidn0223028204UNSPECIFIED
Thesis advisorAchyani, Achyaninidn0015086501UNSPECIFIED
Additional Information: 035/Pend.Biologi/2020
Uncontrolled Keywords: Tepung Daun Kelor (Moringa oleifera), Bekatul, LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik).
Subjects: 500 Ilmu Murni > Biologi, Ilmu Hayati
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Lina Septriani
Date Deposited: 07 Dec 2020 06:32
Last Modified: 07 Dec 2020 06:32
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/294

Actions (login required)

View Item View Item