DINAMIKA EKONOMI MASYARAKAT WAY TERUSAN DI KAWASAN INDUSTRI GULA KABUPATEN LAMPUNG TENGAH PROVINSI LAMPUNG TAHUN 1997-2019

Budianto, Arif (2020) DINAMIKA EKONOMI MASYARAKAT WAY TERUSAN DI KAWASAN INDUSTRI GULA KABUPATEN LAMPUNG TENGAH PROVINSI LAMPUNG TAHUN 1997-2019. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (18kB) | Preview
Official URL: http://eprints.ummetro.ac.id

Abstract

Dinamika ekonomi merupakan perubahan sistem ekonomi dari waktu kewaktu, adanya industri di tengah-tengah masyarakat merupakan potensi untuk mengembangkan ekonomi masyarakat. Tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah : (1) Untuk menganalisis sejarah hubungan kerjasama masyarakat dengan perusahaan industri gula, (2) Untuk memaparkan sumbangsih industri gula di Lampung terhadap masyarakat sekitar. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data dan sumber data diperoleh dari buku, tokoh-tokoh masyarakat desa sebagai narasumber, dikumentasi, arsip, dan sumber-sumber lain yang dapat membantu dalam pengumpulan informasi data penelitian. Hasil penelitian ini yaitu (1) sebagai industri gula yang sangat besar maka sangat banyak membutuhkan sumber daya manusia sebagai pekerja di industri gula tersebut maka industri gula tersebut mencanangkan untuk bekerja sama dengan pemerintah lewat Departemen Transmigrasi agar dapat mengadakan program transmigrasi di sekitar industri gula tersebut. Sebagai timbal baliknya masyarakat diberi lahan pertanian yang telah dimitrakan kepada perusahaan. (2) Dengan adanya kerjasama kemitraan tersebut masyarakat juga mendapatkan penghasilan dan jaminan sosial. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa keadaan ekonomi masyarakat Way Terusan dapat dikatakan membaik karena banyak di topang oleh adanya industri gula yang berada di tengah-tengah tempat tinggal masyarakat, kebutuhan dan keperluan keluarga dapat tercukupi sehingga menyebabkan perubahan yang lebih baik pada keadaan ekonomi masyarakat Way Terusan.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Creators:
CreatorsNIM/NPMEmail
Budianto, Arifnim15220003UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSumiyatun, Sumiyatunnidn0010105801UNSPECIFIED
Thesis advisorKuswono, Kuswononidn0229118701UNSPECIFIED
Thesis advisorHidayat, Bobinidn0219098502UNSPECIFIED
Additional Information: 009/Pendidikan Sejarah/2020
Uncontrolled Keywords: Dinamika Ekonomi, Masyarakat, Industri Gula
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Ilmu Ekonomi
300 Ilmu Sosial > Pendidikan
900 Sejarah dan Geografi > Sejarah Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Feri Apriyanto
Date Deposited: 04 Dec 2020 03:08
Last Modified: 04 Dec 2020 03:08
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/290

Actions (login required)

View Item View Item