PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTRAKTIF BERBASIS ANDROID PADA MATERI SEJARAH PERGERAKAN DI LAMPUNG KELAS XI SMA NEGERI 1 PUNGGUR

Gumelar, Hero Puspo Aji (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTRAKTIF BERBASIS ANDROID PADA MATERI SEJARAH PERGERAKAN DI LAMPUNG KELAS XI SMA NEGERI 1 PUNGGUR. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (105kB) | Preview
Official URL: http://eprints.ummetro.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi, di SMA Negeri 1 Punggur sudah memiliki fasilitas yang cukup memadai akan tetapi penggunaan media pembelajaran belum maksimal, penggunaan smartphone android hanya sebatas mengakses evaluasi, apabila jumlah pengakses melebihi maka akan mengalami kesulitan dalam mengakses. Dengan sarana dan prasarana sudah memadai maka akan dikembangkannya media pembelajaran intraktif berbasis android yang dapat diakses melalui smartphone android. Tujuan dari pengembangan ini adalah menghasilkan sebuah produk berupa media pembelajaran intraktif berbasis android yang layak dan praktis digunakan oleh siswa untuk digunakan siswa SMA Negeri 1 Punggur. Jenis penelitian ini merupakan research and development (R and D). Dengan menggunakan model 4-D pendefisinian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development) dan tahap uji coba (disseminate). Intrumen pengumpulan data menggunakan dua angket yaitu angket validasi ahli dan angket respon siswa. Angket validasi ahli terdiri dua aspek: validasi materi dan validasi media. Penelitian ini dilakankan uji coba dengan kelompok kecil 10 siswa kelas XI. teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini mencakup beberapa langkah, yaitu analisis data, tabulasi data, dan menafsirkan presentase angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa presentase yang didapat dari validasi ahli media sebesar 86% dan validasi ahli materi 84% dengan rata-rata 85% dengan kategori sangat layak. Hasil uji coba kelompok kecil mendapat presentase 80% dengan kategori praktis. Berdasarkan dengan kriteria yang sudah ditentukan maka media pembelajaran intraktif berbasis android dinyatakan layak dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Creators:
CreatorsNIM/NPMEmail
Gumelar, Hero Puspo Ajinim15220022UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorHidayat, Bobinidn0219098502UNSPECIFIED
Thesis advisorKuswono, Kuswononidn0229118701UNSPECIFIED
Thesis advisorHartati, Uminidn0226129001UNSPECIFIED
Additional Information: 010/Pendidikan Sejarah/2020
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Media Intraktif, Sejarah Pergerakan di Lampung.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Pendidikan
900 Sejarah dan Geografi > Sejarah Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Feri Apriyanto
Date Deposited: 04 Dec 2020 02:54
Last Modified: 04 Dec 2020 02:54
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/287

Actions (login required)

View Item View Item