PENGARUH PEMIKIRAN SOE HOK GIE TERHADAP MUNCULNYA GERAKAN PROTES SOSIAL PADA MASA TRANSISI ORDE LAMA KE ORDE BARU TAHUN 1959-1969

Setiadi, Leonardus Bagus (2020) PENGARUH PEMIKIRAN SOE HOK GIE TERHADAP MUNCULNYA GERAKAN PROTES SOSIAL PADA MASA TRANSISI ORDE LAMA KE ORDE BARU TAHUN 1959-1969. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9kB) | Preview
Official URL: http://eprints.ummetro.ac.id

Abstract

Soe Hok Gie merupakan seorang aktivis muda, bersama-sama dengan mahasiswa angkatan 66 berusaha menggulingkan kekuasaan Orde Lama yang dipimpin oleh Presiden Soekarno. karena pada masa itu pemerintah dianggap telah gagal dalam melakukan tugasnya serta kebijakan yang dijalankan tidak berpihak kepada rakyat. Soe Hok Gie dikenal sebagai sosok yang idealis serta mempunyai pemahaman yang visioner terhadap peristiwa-peristiwa pada masa itu. Metode penelitian ini menggunakan penelitian historis yang dilakukan di perpustakaan Universitas Muhammadiyah Metro. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode historis dengan melakukan studi kepustakaan, dengan menganalisa data-data dari sumber mengenai materi yang dikaji. Serta menggunakan reverensi dari media yang mendukung penelitian ini. Dari penelitian ini dihasilkan penjelasan bagaimana peran Soe Hok Gie dalam gerakan protes sosial kepada pemerintah. Gie juga menggunakan keterampilan menulisnya untuk mengkritik pemerintahan Orde Lama sehingga tulisan tersebut berhasil menggerakkan semangat dan persatuan para mahasiswa dalam melakukan gerakan protes sosial melalui demonstrasi besarbesaran. Soe Hok Gie juga melakukan gerakan bawah tanah dalam menjalankan aksinya melalui kerja sama dengan beberapa pihak diantaranya radio ampera dan petinggi dari anggota angkatan darat untuk memuluskan aksi mahasiswa. Dari penelitian ini dapat diambil beberapa kesimpulan, yaitu simpulan historis, bahwa Soe Hok Gie mempunyai peran yang penting dalam gerakan mahasiswa dalam melakukan protes sosial dalam peralihan pemerintahan Orde Lama ke Orde Baru. Kedua yaitu simpulan pedagogis, dari sosok Soe Hok Gie ini kita dapat belajar bagaimana keaktifan kaum muda untuk melakukan perubahan kearah yang lebih baik, serta menggunakan idealisnya untuk mencoba memanusiakan-manusia.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Creators:
CreatorsNIM/NPMEmail
Setiadi, Leonardus BagusUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSumiyatun, Sumiyatunnidn0010105801UNSPECIFIED
Thesis advisorKuswono, Kuswononidn0229118701UNSPECIFIED
Thesis advisorHidayat, Bobinidn0219098502UNSPECIFIED
Additional Information: 012/Pendidikan Sejarah/2020
Uncontrolled Keywords: Soe Hok Gie, Protes Sosial, Masa Transisi.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Pendidikan
900 Sejarah dan Geografi > Sejarah Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Feri Apriyanto
Date Deposited: 03 Dec 2020 07:36
Last Modified: 03 Dec 2020 07:36
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/282

Actions (login required)

View Item View Item