PERKEMBANGAN CABANG MUHAMMADIYAH METRO PUSAT DALAM BIDANG DAKWAH PENDIDIKAN TAHUN 2006-2019

Sari, Ratna Widia (2020) PERKEMBANGAN CABANG MUHAMMADIYAH METRO PUSAT DALAM BIDANG DAKWAH PENDIDIKAN TAHUN 2006-2019. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (78kB) | Preview
Official URL: http://eprints.ummetro.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana sejarah terbentuknya Cabang Muhammadiyah Metro Pusat kemudian menganalisis perkembangan Cabang Muhammadiyah Metro Pusat dalam bidang dakwah pendidikan tahun 2006-2019. Metode penelitian ini adalah historis, data dan sumber data diperoleh dari buku- buku yang sesuai dengan kajian penelitian, dan tokoh-tokoh Muhammadiyah sebagai sebagai narasumber. Teknik pengumpulan data yaitu studi pustaka, wawancara, dan dokumen. Keabsahan data dilakukan dengan tahapan kritik intern dan kritik ekstern. Hasil dari penelitian Perkembangan dakwah Muhammadiyah Metro Pusat dalam bidang pendidikan dari segi kuantitas masing-masing sekolah Muhammadiyah yang ada di Metro Pusat dari tahun 2006-2019 terus mengalami peningkatan dari segi jumlah siswa baik untuk tingkatan SD-SMA Kemudian dari segi kualitas dalam kurun waktu 2006-2019 adanya keseimbangan berkaitan dengan mutu pendidikan di sekolah Muhammadiyah Metro Pusat yaitu dengan keberhasilan yang diperoleh siswa-siswi berupa prestasi baik itu pada bidang akademik maupun bidang non akademik. Hal ini menjadi bukti bahwa sekolah-sekolah Muhammadiyah tidak hanya memperhatikan kenaikan jumlah/kuantitasnya saja tetapi juga memperhatikan kualitas pendidikannya juga. Kesimpulannya pada penelitian ini yaitu Salah satu indikator yang menjadi tolak ukur keberhasilan lembaga pendidikan (sekolah) yaitu adanya kestabilan atau adanya peningkatan jumlah siswa yang di miliki dalam lembaga tersebut. Menjaga kestabilan menjadi prioritas paling utama bagi setiap sekolah oleh sebab itu digunakanlah beberapa strategi yang tepat sesuai dengan kondisi masyarakat dan kondisi sekolah itu sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Creators:
CreatorsNIM/NPMEmail
Sari, Ratna Widianim16220007UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorAgustono, Ragilnidn0024086401UNSPECIFIED
Thesis advisorKuswono, Kuswononidn0229118701UNSPECIFIED
Thesis advisorSetiawati, Elisnidn0024036201UNSPECIFIED
Additional Information: 014/Pendidikan Sejarah/2020
Uncontrolled Keywords: Muhammadiyah, Dakwah, Pendidikan Metro.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Pendidikan
200 Agama > Komunikasi Penyiaran Islam
900 Sejarah dan Geografi > Sejarah Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Feri Apriyanto
Date Deposited: 03 Dec 2020 07:11
Last Modified: 03 Dec 2020 07:11
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/279

Actions (login required)

View Item View Item