HUBUNGAN ANTARA KEHARMONISAN KELUARGA DENGAN PENGELOLAAN EMOSI PESERTA DIDIK SMK NEGERI 1 TEGINENENG PESAWARAN LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

WANCANA, SIDIK (2020) HUBUNGAN ANTARA KEHARMONISAN KELUARGA DENGAN PENGELOLAAN EMOSI PESERTA DIDIK SMK NEGERI 1 TEGINENENG PESAWARAN LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
cover .pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab III .pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (9kB) | Preview
Official URL: http://eprints.ummetro.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan keharmonisan keluarga dengan pengelolaan emosi peserta didik SMK Negeri 1 Tegineneng Pesawaran Lampung Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi yaitu untuk mengetahui hubungan yang terjadi antara variabel bebas dan variabel terikat. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi kausal yaitu memiliki hubungan yang menunjukkan sifat sebab akibat, variabel yang satu merupakan sebab, maka variabel lainnya merupakan akibat. Pada penelitian ini, arah korelasinya bersifat positif yaitu hubungan antara kedua variabel bersifat satu arah. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMK Negeri 1 Tegineneng Pesawaran Lampung, sedangkan penentuan jumlah sample menggunakan tabel dengan taraf kesalahan 10% jumlah sampel yang digunakan dengan populasi 120 adalah 83. Intrumen yang digunakan adalah angket keharmonisan keluarga dan angket pengelolaan emosi yang telah diuji coba kelayakannya oleh ahli, diuji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Kesimpulan hasil penelitian dapat dikatakan bahwa hipotesis yang menyatakan bahwa adanya hubungan keharmonisan keluarga dengan pengelolaan emosi peserta didik dapat teruji kebenarannya. Berdasarkan perhitungan dengan mengambil α= 0,05 dan n=83, uji satu pihak maka: dk= n-2 = 83-2= 81 sehingga diperoleh t tabel = 1,671. Hasil perhitungan diperoleh t lebih besar dari t atau 2,018≥ 1,671 maka Ho ditolak artinya ada hubungan yang signifikan antara keharmonisan keluarga dengan pengelolaan emosi peserta didik SMK Negeri 1 Tegineneng tahun pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 047/bimbingan & konseling/2020
Uncontrolled Keywords: Hubungan keharmonisan keluarga, pengelolaan emosi
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Pendidikan
Depositing User: M Derie Santana
Date Deposited: 03 Dec 2020 06:52
Last Modified: 03 Dec 2020 06:52
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/276

Actions (login required)

View Item View Item