PENGARUH VARIASI DOSIS PUPUK ORGANIK CAIR LIMBAH CANGKANG TELUR AYAM (Gallus gallus domesticus) TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN BAYAM MERAH (Amaranthus tricolor) SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI DALAM BENTUK BROSUR

Rahayu, Fitrotin (2020) PENGARUH VARIASI DOSIS PUPUK ORGANIK CAIR LIMBAH CANGKANG TELUR AYAM (Gallus gallus domesticus) TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN BAYAM MERAH (Amaranthus tricolor) SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI DALAM BENTUK BROSUR. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER. pdf.pdf

Download (964kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I. pdf.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III. pdf.pdf

Download (520kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V. pdf.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (129kB) | Preview
Official URL: http://eprints.ummetro.ac.id

Abstract

Bayam merah merupakan tanaman yang termasuk ke dalam sayursayuran yang memiliki kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Pertumbuhan bayam merah tidak terlalu banyak membutuhkan nitrogen, kemudian tanaman bayam merah banyak mengandung kalsium, jika tanaman bayam merah dipupuk menggunakan pupuk yang mengandung kalsium, akankah mempengaruhi pertumbuhan tanaman bayam merah. Pupuk organik yang banyak mengandung kalsium yaitu bisa diperoleh dari pembuatan pupuk organik limbah cangkang telur ayam, karena cangkang telur ayam mengandung banyak kalsium. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui adakah pengaruh variasi dosis pupuk organik cair limbah cangkang telur ayam terhadap pertumbuhan tanaman bayam merah, 2) untuk mengetahui pengaruh variasi dosis paling baik yang memberikan pengaruh terhadap pertumbuhan tanaman bayam merah, 3) untuk mengetahui layak atau tidaknya brosur untuk dijadikan sebagai sumber belajar bagi siswa. Penelitian ini dilaksnakan di desa Sumberharjo, Belitang, Sumatera Selatan. Penelitian ini membutuhkan waktu selama 58 hari yang dilaksanakan mulai pada tanggal 10 April sampai dengan 04 Juni 2020. Penelitian menggunakan 6 perlakuan dan 5 kelompok dan 2 ulangan. Perlakuan A yaitu pemberian pupuk organik cair limbah cangkang telur ayam dengan dosis 20ml, perlauan B yaitu pemberian pupuk organik cair limbah cangkang telur ayam dengan dosis 40ml, perlakuan C yaitu pemberian pupuk organik cair limbah cangkang telur ayam dengan dosis 60ml, perlakuan D yaitu pemberian pupuk organik cair limbah cangkang telur ayam dengan dosis 80ml, perlakuan E yaitu pemberian pupuk organik cair limbah cangkang telur ayam dengan dosis 100ml dan kontrol F yaitu pemberian pupuk organik cair dari petani dengan dosis 40ml/L Berdasarkan hasil penelitian dan perhitungan dapat diketahui terdapat pengaruh nyata pemberian pupuk organik cair limbah cangkang telur ayam tehadap pertumbuhan tinggi, jumlah heali daun dan berat basah tanaman, uji lanjut menunujukan bahwa perlakuan C yaitu tanaman bayam merah diberi pupuk organik cair limbah cangang telur ayam dengan dosis 60ml mampu memberikan pertumbuhan yang optimum. Berdasarkan validasi sumber belajar brosur dinyatakan bahwa sumber belajar brosur layak digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Creators:
CreatorsNIM/NPMEmail
Rahayu, Fitrotinnpm16320007UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorMulyani, HRAnidn0021036701UNSPECIFIED
Thesis advisorLepiyanto, Agilnidn0212028502UNSPECIFIED
Thesis advisorSulistiani, Widya Sartikanidn0205118503UNSPECIFIED
Additional Information: 037/Pend. Biologi/2020
Uncontrolled Keywords: pupuk organik cangkang telur ayam, tanaman bayam, sumber belajar biologi
Subjects: 500 Ilmu Murni > Biologi, Ilmu Hayati
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Asih Kurniasih
Date Deposited: 02 Dec 2020 07:59
Last Modified: 02 Dec 2020 07:59
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/265

Actions (login required)

View Item View Item