PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA MATERI PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN NILAI MUTLAK LINIER SATU VARIABEL KELAS X SMA MUHAMMADIYAH BRAJA SELEBAH

INDRIYANI, EKA (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA MATERI PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN NILAI MUTLAK LINIER SATU VARIABEL KELAS X SMA MUHAMMADIYAH BRAJA SELEBAH. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (549kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (349kB) | Preview
Official URL: http://eprints.ummetro.ac.id

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini betujuan untuk menghasilkan media pembelajaran matematika berbasis android menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) pada materi persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak linier satu variabel yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari analyze (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Namun karena keterbatasan waktu dan pandemic Covid-19 maka penelitian ini tidak menggunakan tahap implementation (implementasi) dan hanya sampai pada tahap development. Hasil analisis pada tahap uji validasi oleh validator menghasilkan persentase berdasarkan 2 aspek, yaitu aspek materi 80,67% masuk ke dalam kriteria sangat valid, aspek media 86% masuk dalam kriteria sangat valid, dan rata-rata persentase kevalidan media pembelajaran ialah 83,33% sehingga media pembelajaran masuk pada kategori sangat valid. Selanjutnya hasil analisis dari tahap uji kepraktisan oleh siswa kelas X SMA Muhammadiyah Braja Selebah menghasilkan rata-rata persentase 86,66% dan masuk pada kriteria sangat praktis. Berdasarkan uji kevalidan dan uji kepraktisan yang dilakukan, maka dapat disimpulkan media pembelajaran matematika berbasis android menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) pada materi persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak linier satu variabel dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Creators:
CreatorsNIM/NPMEmail
INDRIYANI, EKANIM16310009UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorvahlia, iranidn0206128901UNSPECIFIED
Thesis advisorRahmawati, yeninidn0229098803UNSPECIFIED
Thesis advisorAndayani, Sutrisninidn0013056803UNSPECIFIED
Additional Information: 028/Pend.matematika/2020
Uncontrolled Keywords: android; media pembelajaran; Realistic Mathematics Education (RME)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Pendidikan
500 Ilmu Murni > Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: editor library ummetro
Date Deposited: 01 Dec 2020 04:33
Last Modified: 18 Dec 2020 03:46
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/251

Actions (login required)

View Item View Item