PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) BERBANTU PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 2 PUNGGUR TAHUN PELAJARAN 2019/2020

KURNIASIH, EVA (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) BERBANTU PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 2 PUNGGUR TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (66kB) | Preview
Official URL: http://eprints.ummetro.ac.id

Abstract

Hasil belajar IPS Terpadu peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Punggur tahun pelajaran 2019/2020 masih banyak yang belum tuntas atau dibawah ketuntasan minimum (KKM) yaitu 6,66. Disebabkan karna banyak faktor yang mempengaruhinya seperti metode ceramah diskusi tanya jawab. Sehingga peserta didik cenderung bosan dan pasif dikarenakan pembelajarannya kurang berkesan dan menarik. Model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization (TAI) berbantu peta konsep merupakan salah satu model pembelajaran yang inovatif. Penggunaan model kooperatif tipe team assisted individualization (TAI) berbantu peta konsep tepat untuk kegiatan pembelajaran dikelas untuk mendapatkan partisipasi peserta didik secara keseluruhan, menuntut peserta didik untuk lebih aktif, berfikir kritis dan bertanggung jawab. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, dokumentasi dan test. Untuk menguji hipotesis menggunakan analisis Regresi Linier Sederhana diperoleh Y = 40,2669 + 0,5350. Hasil t hitung = 4,08 dan t = 1,697 dengan taraf signifikan 5%. Hipotesis dapat dihitung sebab t hitung > t tabel tabel yaitu 4,08 > 1,697. Dengan demikian menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization (TAI) berbantu peta konsep mempunyai pengaruh yang positif terhadap hasil belajar IPS Terpadu peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 punggur tahun pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Creators:
CreatorsNIM/NPMEmail
KURNIASIH, EVAnim16210014UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorNingrum, Ningrumnidn1958025 198503 2 001UNSPECIFIED
Thesis advisorAnggia Dewi, Tiaranidn0219019102UNSPECIFIED
Thesis advisorRatnawuri, Triananidn0210078601UNSPECIFIED
Additional Information: 013/Pend.Matematika/2020
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI),Peta Konsep, Hasil Belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Ilmu Ekonomi
300 Ilmu Sosial > Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: editor library ummetro
Date Deposited: 01 Dec 2020 03:24
Last Modified: 18 Dec 2020 03:47
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/250

Actions (login required)

View Item View Item