PENGARUH METODE KARYA WISATA TERHADAP PEMAHAMAN SEJARAH LOKAL PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA NEGERI 6 METRO

Mirtanturi, MA.Inne (2023) PENGARUH METODE KARYA WISATA TERHADAP PEMAHAMAN SEJARAH LOKAL PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA NEGERI 6 METRO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK MA. Inne Mirtanturi. 2023. Pengaruh Metode Karya Wisata Terhadap Pemahaman Sejarah Lokal Peserta Didik Kelas XI di SMA Negeri 6 Metro. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Metro. Pembimbing (I) Dra. Hj. Elis Setiawati, M.Pd. Pembimbing (II) Bobi Hidayat, M.Pd Pembelajaran yang tepat akan memberikan dampak pada pemahaman materi pembelajaran pada peserta didik. Metode pembelajaran yang kurang menarik dan monoton menyebabkan masih rendahnya pemahaman sejarah lokal pada peserta didik di SMA Negeri 6 Metro.Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran karya wisata terhadap pemahaman sejarah lokal pada peserta didik Kelas XI di SMA Negeri 6 Metro tahun 2022/2023. Penelitian ini menerapkan penelitian eksperimen dengan melibatkan dua kelas yaitu kelas XI IPS 2 yang berjumlah 30 orang sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 1 berjumlah 30 peserta didik sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diberikan pembelajaran karya wisata, sedangkan pada kelas kontrol diberikan pembelajaran dengan metode ceramah dan diskusi. Kedua kelas diberikan soal tes yang sama untuk mengetahui sejauh mana perkembangan pemahaman sejarah lokal pada peserta didik. Data yang dikumpulkan merupakan skor pemahaman peserta didik setelah diberikan soal. Data tersebut kemudian di analisis menggunakan statistika uji-t. Hasil penelitian ini bahwa terdapat pengaruh pembelajaran dengan menggunakan metode karya wisata terhadap pemahaman sejarah lokal pada peserta didik kelas XI di SMA Negeri 6 Metro Tahun Pelajaran 2022/2023. Hal ini didasarkan pada hasil uji hipotesis statistik yaitu t hitung > t 0,05,60 yaitu 3,17 > 2,00. Hasil penelitian jug amenunjukkan bahwa rata-rata skor pemahaman sejarah lokal pada peserta didik yang diberikan pembelajaran dengan metode karya wisata lebih tinggi dari pada rata-rata skor pemahaman sejarah pada peserta didik yang tidak diberikan metode pembelajaran karya wisata. Pembelajaran karya wisata dapat memberikan motivasi dan pemahaman yang lebih mendalam terkait dengan peninggalan sejarah lokal yang ada di Kota Metro. Kata Kunci: pembelajaran, karya wisata, pemahaman sejarah

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 011/Pendidikan Sejarah/2023
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Karya Wisata, Pemahaman Sejarah
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Pendidikan
900 Sejarah dan Geografi > Ilmu Sejarah
900 Sejarah dan Geografi > Sejarah Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Feri Apriyanto
Date Deposited: 23 Jan 2024 07:05
Last Modified: 23 Jan 2024 07:05
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/2486

Actions (login required)

View Item View Item