Mirtanturi, MA.Inne (2023) PENGARUH METODE KARYA WISATA TERHADAP PEMAHAMAN SEJARAH LOKAL PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA NEGERI 6 METRO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (190kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (292kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (14kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK MA. Inne Mirtanturi. 2023. Pengaruh Metode Karya Wisata Terhadap Pemahaman Sejarah Lokal Peserta Didik Kelas XI di SMA Negeri 6 Metro. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Metro. Pembimbing (I) Dra. Hj. Elis Setiawati, M.Pd. Pembimbing (II) Bobi Hidayat, M.Pd Pembelajaran yang tepat akan memberikan dampak pada pemahaman materi pembelajaran pada peserta didik. Metode pembelajaran yang kurang menarik dan monoton menyebabkan masih rendahnya pemahaman sejarah lokal pada peserta didik di SMA Negeri 6 Metro.Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran karya wisata terhadap pemahaman sejarah lokal pada peserta didik Kelas XI di SMA Negeri 6 Metro tahun 2022/2023. Penelitian ini menerapkan penelitian eksperimen dengan melibatkan dua kelas yaitu kelas XI IPS 2 yang berjumlah 30 orang sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 1 berjumlah 30 peserta didik sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diberikan pembelajaran karya wisata, sedangkan pada kelas kontrol diberikan pembelajaran dengan metode ceramah dan diskusi. Kedua kelas diberikan soal tes yang sama untuk mengetahui sejauh mana perkembangan pemahaman sejarah lokal pada peserta didik. Data yang dikumpulkan merupakan skor pemahaman peserta didik setelah diberikan soal. Data tersebut kemudian di analisis menggunakan statistika uji-t. Hasil penelitian ini bahwa terdapat pengaruh pembelajaran dengan menggunakan metode karya wisata terhadap pemahaman sejarah lokal pada peserta didik kelas XI di SMA Negeri 6 Metro Tahun Pelajaran 2022/2023. Hal ini didasarkan pada hasil uji hipotesis statistik yaitu t hitung > t 0,05,60 yaitu 3,17 > 2,00. Hasil penelitian jug amenunjukkan bahwa rata-rata skor pemahaman sejarah lokal pada peserta didik yang diberikan pembelajaran dengan metode karya wisata lebih tinggi dari pada rata-rata skor pemahaman sejarah pada peserta didik yang tidak diberikan metode pembelajaran karya wisata. Pembelajaran karya wisata dapat memberikan motivasi dan pemahaman yang lebih mendalam terkait dengan peninggalan sejarah lokal yang ada di Kota Metro. Kata Kunci: pembelajaran, karya wisata, pemahaman sejarah
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Additional Information: | 011/Pendidikan Sejarah/2023 |
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, Karya Wisata, Pemahaman Sejarah |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > Pendidikan 900 Sejarah dan Geografi > Ilmu Sejarah 900 Sejarah dan Geografi > Sejarah Indonesia |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Feri Apriyanto |
Date Deposited: | 23 Jan 2024 07:05 |
Last Modified: | 23 Jan 2024 07:05 |
URI: | http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/2486 |
Actions (login required)
View Item |