PEMANFAATAN MUSEUM PERJUANGAN DAN TUGU POS KOMANDO TENTARA REVOLUSI DI DESA REJOAGUNG SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH LOKAL DI SMA NEGERI 1 BATANGHARI TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Malahayati, Rindi (2023) PEMANFAATAN MUSEUM PERJUANGAN DAN TUGU POS KOMANDO TENTARA REVOLUSI DI DESA REJOAGUNG SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH LOKAL DI SMA NEGERI 1 BATANGHARI TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LITERATUR.pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rindi Malahayati. 2023. Pemanfaatan Museum Perjuangan dan Tugu Pos Komando Tentara Revolusi di Desa Rejoagung Sebagai Sumber Belajar Sejarah Lokal di SMA Negeri 1 Batanghari Tahun Pelajaran 2023/2024. Skripsi. Jurusan IPS. Program Studi Pendidikan Sejarah. FKIP. Universitas Muhammadiyah Metro. Pembimbing (1) Bobi Hidayat M.Pd. (2) Umi Hartati, M.Pd. Tujuan penelitian yang dicapai adalah untuk mendeskripsikan Pemanfaatan Museum Perjuangan dan Tugu Pos Komando Tentara Revolusi di Desa Rejoagung Sebagai Sumber Belajar Sejarah Lokal di SMA Negeri 1 Batanghari Tahun Pelajaran 2023/2024. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumen. Setelah data terkumpul, data akan divalidasi dengan cara trianggulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Setelah data terkumpul, data akan divalidasi dengan cara trianggulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Perencanaan pembelajaran, guru terlebih dahulu menentukan KD & Indikator Pencapaian, merancang metode, membuat RPP, menyiapkan media dan membuat pertanyaan. (2) Pelaksanaan pembelajaran terdiri dari tiga tahapan yaitu, kegiatan pendahuluan kegiatan inti, dan kegiatan penutup. (3) Evaluasi pembelajaran sejarah menunjukkan hasil yang baik dengan dilihat pemahaman siswa mengenai sejarah lokal. (4) Kendala dalam pelaksanaan pembelajaran yaitu minimnya sarana LCD dan tidak mempunyai kuota untuk mengakses flipbook. Kata Kunci: Pemanfaatan, Museum, Tugu, Sumber Belajar, Sejarah Lokal

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 014/Pendidikan Sejarah/2023
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan, Museum, Tugu, Sumber Belajar, Sejarah Lokal
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Pendidikan
900 Sejarah dan Geografi > Ilmu Sejarah
900 Sejarah dan Geografi > Sejarah Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Feri Apriyanto
Date Deposited: 23 Jan 2024 04:07
Last Modified: 23 Jan 2024 04:07
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/2470

Actions (login required)

View Item View Item