penerapan model pemeblajaran kooperatif tipe student facilitator and explainning (SFE) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII SMP PGRI 1 Batanghari

Eliyati Hidayah, Mutia (2020) penerapan model pemeblajaran kooperatif tipe student facilitator and explainning (SFE) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII SMP PGRI 1 Batanghari. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (457kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB) | Preview
Official URL: http://eprints.ummetro.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan peningkatan hasil belajar Matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explainingpada peserta didik kelas SMP PGRI 1 Batanghari.Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK).Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas di SMP PGRI 1 Batanghari tahun pelajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data dalan penelitian ini menggunakan instrument berupa kuisioner motivasi belajar peserta didik, dan soal pretest dan postest sebanyak masing-masing 4 soal essaymateri Pola Bilangan. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif.Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan.Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian ini yaitu: (1) peningkatan presentase motivasi belajar dari siklus 1 sebesar 65,21% dan meningkat menjadi 82,60% pada siklus 2 yang berarti masuk dalam kategor “baik”. (2) peningkatan presentase hasil belajar peserta didik dari pretest siklus 1 yaitu 26,1% meningkat menjadi 34.8% pada postest siklus 1 kemudian hasil pretest siklus 1 meningkat pada pretest siklus 2 yaitu 73,9% dan postest siklus 1 juga mengalami peningkatan pada postest siklus 2 yaitu 82.6% sehingga diperoleh nilai gain sebesar 0.52 dan masuk dalam kategori “sedang” yaitu 0,30 < g Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peningkatan motivasi dan hasil belajar Matematika peserta didik kelas SMP PGRI 1 Batanghari tahun pelajaran 2020/2021 terjadi karena menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining (SFE).

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Creators:
CreatorsNIM/NPMEmail
Eliyati Hidayah, Mutianim16310030UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSudarman, Sudarmannidn0029096109UNSPECIFIED
Thesis advisorBustanul Anwar, Rahmadnidn0203098601UNSPECIFIED
Thesis advisorAndayani, Sutrisninidn0013056803UNSPECIFIED
Additional Information: 026/Pend.Matematika/2020
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, model pembelajarankooperatif tipe Student Facilitator and Explaining (SFE), motivasi belajar.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: editor library ummetro
Date Deposited: 30 Nov 2020 04:34
Last Modified: 18 Dec 2020 03:57
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/245

Actions (login required)

View Item View Item