Eliyati Hidayah, Mutia (2020) penerapan model pemeblajaran kooperatif tipe student facilitator and explainning (SFE) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII SMP PGRI 1 Batanghari. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.
|
Text
COVER.pdf Download (6MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (304kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (408kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (457kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (297kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (93kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan peningkatan hasil belajar Matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explainingpada peserta didik kelas SMP PGRI 1 Batanghari.Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK).Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas di SMP PGRI 1 Batanghari tahun pelajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data dalan penelitian ini menggunakan instrument berupa kuisioner motivasi belajar peserta didik, dan soal pretest dan postest sebanyak masing-masing 4 soal essaymateri Pola Bilangan. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif.Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan.Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian ini yaitu: (1) peningkatan presentase motivasi belajar dari siklus 1 sebesar 65,21% dan meningkat menjadi 82,60% pada siklus 2 yang berarti masuk dalam kategor “baik”. (2) peningkatan presentase hasil belajar peserta didik dari pretest siklus 1 yaitu 26,1% meningkat menjadi 34.8% pada postest siklus 1 kemudian hasil pretest siklus 1 meningkat pada pretest siklus 2 yaitu 73,9% dan postest siklus 1 juga mengalami peningkatan pada postest siklus 2 yaitu 82.6% sehingga diperoleh nilai gain sebesar 0.52 dan masuk dalam kategori “sedang” yaitu 0,30 < g Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peningkatan motivasi dan hasil belajar Matematika peserta didik kelas SMP PGRI 1 Batanghari tahun pelajaran 2020/2021 terjadi karena menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining (SFE).
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Additional Information: | 026/Pend.Matematika/2020 |
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, model pembelajarankooperatif tipe Student Facilitator and Explaining (SFE), motivasi belajar. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | editor library ummetro |
Date Deposited: | 30 Nov 2020 04:34 |
Last Modified: | 18 Dec 2020 03:57 |
URI: | http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/245 |
Actions (login required)
View Item |