NUR AZIZAH, FITRIANA (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 01 SEPUTIH AGUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (82kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (342kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR LITERATUR.pdf Download (142kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII SMP Negeri 01 Seputih Agung tahun ajaran 2018/2019. Dalam melaksanakan penelitian, peneliti merancang pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran group investigation. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian adalah siswa kelas VII-C SMP Negeri 01 Seputih Agung Tahun Pelajaran 2018/2019 yang terdiri 28 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus tindakan. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah: Apakah penerapan model pembelajaran group investigation dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemampuan komunikasi siswa kelas VII-C semester ganjil SMP Negri 01 Seputih Agung Tahun Pelajaran 2018/2019. Dari hasil penelitian dan pembahasan, terlihat adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemampuan komunikasi siswa pada pembelajaran yang dilakukan. Hal ini dapat diketahui dari peningkatan persentase setiap indikator. Pada indikator kemampuan komunikasi matematis meningkat menjadi 70,51% pada siklus II. Selain itu peningkatan persentase rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis sebesar 54,18% pada siklus I menjadi 60,26% pada siklus II serta sebesar 90% mengalami peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis. Selain itu untuk ratarata Kemampuan komunikasi secara klasikal meningkat sebesar 30,65% dari siklus I ke siklus II. Peningkatan ini dikarenakan pada pembelajaran dengan metode group investigation, siswa dihadapkan pada permasalahan yang disusun dengan kehidupan sehari-hari siswa. Penerapan model group investigation membuat kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemampuan komunikasi siswa akan lebih mudah dikembangkan karena dengan pendekatan ini siswa langsung dibawa memahami suatu persoalan dengan mengaitkannya dengan dunia nyata. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran group investigation dapat: (1) Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis yang dapat dibuktikan dengan adanya perubahan sikap siswa yang lebih nalar dalam menanggapi soal yang diberikan(2) Meningkatkan kemapuan komunikasi dapat dibuktikan dengan adanya perubahan dalam diri siswa yang lebih bersemangat dalam mengikuti pelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Additional Information: | 024/Pend.Matematika/2020 |
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Komunikasi, Kemampuan Pemecahan Masalah, Group Investigation. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > Pendidikan 500 Ilmu Murni > Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | editor library ummetro |
Date Deposited: | 30 Nov 2020 03:31 |
Last Modified: | 18 Dec 2020 03:57 |
URI: | http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/243 |
Actions (login required)
View Item |