PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS (INFORMATION AND COMMUNICATION OF TECHNOLOGY) DAN NILAI PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS OPEN-ENDED DISERTAI (INFORMATION AND COMMUNICATION OF TECHNOLOGY) DISERTAI ICT (INFORMATION AND COMMUNICATION OF TECHNOLOGY) DAN NILAI-NILAI ISLAM PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR

SUSANTI, CIALING (2020) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS (INFORMATION AND COMMUNICATION OF TECHNOLOGY) DAN NILAI PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS OPEN-ENDED DISERTAI (INFORMATION AND COMMUNICATION OF TECHNOLOGY) DISERTAI ICT (INFORMATION AND COMMUNICATION OF TECHNOLOGY) DAN NILAI-NILAI ISLAM PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (73kB) | Preview
Official URL: http://eprints.ummetro.ac.id

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berbasis open-ended disertai ICT dan Nilai-nilai islam pada materi sistem persamaan linear yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4-D (Define, Design, Develop, dan Diseminate). Define ialah tahapan melakukan pendefinisian syarat-syarat pembelajaran, Design ialah tahapan perancangan, Develop ialah tahapan yang bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang sudah direvisi para ahli. Diseminate ialah tahapan penyebaran bahan ajar. Hasil analisis pada tahap uji validasi oleh validator menghasilkan presentase berdasarkan 4 aspek, yaitu aspek materi 80% masuk ke dalam kriteria valid, aspek desain 82% masuk dalam kriteria sangat valid, aspek media ICT 87% masuk kedalam kriteria sangat valid, aspek nilai-nilai islam 79% masuk kedalam kriteria valid, dan rata-rata presentase kevalidan bahan ajar ialah 81% sehingga bahan ajar masuk pada kriteria sangat valid, selanjutkan hasil analisis dari tahap uji kepraktisan oleh peserta didik X IPS 1 MAN 1 Metro, menghasilkan rata rata presentase 84% dan masuk pada kriteria sangat praktis. Berdasarkan uji kevalidan dan uji kepraktisan yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahan ajar berbasis open-ended disertai ICT (Information and Comunication of Technology) dan nilainilai islam pada materi sistem persamaan linear dinyatakan Valid dan Praktis untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Creators:
CreatorsNIM/NPMEmail
SUSANTI, CIALINGnim16310003UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorRizki, Swadityanim0224018703UNSPECIFIED
Thesis advisorFarida, Nurulnim0220098801UNSPECIFIED
Thesis advisorSutrisni, Sutrisninim0113056803UNSPECIFIED
Additional Information: 016/Pend.Matematika/2020
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, Open Ended, ICT (Information and Comunication of Technology)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Pendidikan
500 Ilmu Murni > Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: editor library ummetro
Date Deposited: 30 Nov 2020 02:57
Last Modified: 18 Dec 2020 03:44
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/242

Actions (login required)

View Item View Item