PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI FILMORA PADA MATERI PERTUMBUHAN DAN PEMBANGUNAN EKONOMI KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 PUNGGUR

LERIANSARI, NENTI (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI FILMORA PADA MATERI PERTUMBUHAN DAN PEMBANGUNAN EKONOMI KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 PUNGGUR. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://eprints.ummetro.ac.id

Abstract

ABSTRAK Leriansari, Nenti. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Filmora Pada Materi Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi Kelas XI IPS Di SMA Negeri 1 Punggur. Skripsi. Jurusan Pendidikan IPS, Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Muhammadiyah Metro. Pembimbing (1) Dra. Hj. Ningrum, MTA. (2) Triani Ratnawuri, M.Pd Kata Kunci: media pembelajaran, aplikasi filmora Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran menggunakan aplikasi filmora. Berdasarkan temuan lapangan diketahui bahwa permasalahan yang ada peserta didik harus menyimak dan mencatat penjelasan dari guru. Tanpa penggunaan media dalam proses pembelajaran ekonomi. Media pembelajaran yang dihasilkan dapat digunakan sebagai media pembelajaran pada materi pertumbuhan dan pembangunan ekonomi. Model pengembangan ini menggunakan model 4D oleh Thiagarajan terdiri dari 4 tahap yaitu define, design, develop, dan dessemination. Penilaian media pembelajaran ini dilakukan dengan menggunakan penyebaran angket penilaian. Penilaian kelayakan media pembelajaran dilakukan oleh 2 ahli media dan 1 ahli materi, dilanjutkan dengan penilaian angket media pembelajaran oleh 20 peserta didik. Hasil penilaian ini selanjutnya dianalisis menggunakan angka persentase. Hasil uji ahli media terhadap media pembelajaran menunjukan hasil yang layak dengan nilai 77,4%. Sedangkan hasil uji ahli materi terhadap media pembelajaran menunjukan hasil yang sangat layak dengan nilai 88%. Hasil uji angket media pembelajaran oleh peserta didik menunjukan hasil yang sangat layak dengan nilai 94%. Berdasarkan hasil uji ahli dan ujicoba peserta didik menunjukan bahwa media pembelajaran pada materi pertumbuhan dan pembangunan ekonomi valid dan praktis sebagai media pembelajaran. Kata Kunci: media pembelajaran, aplikasi filmora Abstract Leriansari, Nenti. 2020. Learning Media Development Using Filmora application on growth materials and economic development class XI IPS at SMA Negeri 1 Punggur. Undergraduate Thesis. Department of Social Sciences of Education, Economic Education study Program, Faculty of Teaching and Educational Sciences University of Muhammadiyah Metro. Advisors (1) Dra. Hj. Ningrum, MTA. (2) Triani Ratnawuri, M. Pd Keywords: Learning media, Filmora application This research is a development study aimed at producing learning media products using Filmora application. Based on the field find known that the problem is student need to give an extra focus both listening and writing teacher explaind. The resulting learning media can be used as a learning medium on material growth and economic development. This model of development study used the model of 4D development by Thiagarajan consists of 4 stages of development namely define, design, develop, and dessemination. Assessment of the learning media was conducted using the distribution of poll assessments. The feasibility assessment of the learning media is conducted by two media experts and 1 material expert, followed by a study poll assessment of 20 learners. The assessment results are further analyzed using percentage numbers. The results of media experts on learning media showed a decent result whith its results is 77.4%. While the test results of material experts on the media learning showed very decent whith its results is 88%. The results of learning media poll by learners showed a very satisfactory result of 94% with very decent eligibility criteria. Based on the results of the expert test and the student's trial shows that the media learning on the material of growth and economic development is worthy as valid and decent as a learning medium.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Creators:
CreatorsNIM/NPMEmail
LERIANSARI, NENTInim16210022UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorNingrum, Ningrumnidn0025035801UNSPECIFIED
Thesis advisorratnawuri, triananidn021007801UNSPECIFIED
Thesis advisorratnawuri, triananidn021007801UNSPECIFIED
Additional Information: 014/pend.ekonomi/2020
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, aplikasi filmora
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Ilmu Ekonomi
300 Ilmu Sosial > Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: editor library ummetro
Date Deposited: 27 Nov 2020 03:47
Last Modified: 18 Dec 2020 03:43
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/240

Actions (login required)

View Item View Item