PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF DISERTAI GAME EDUKASI (ULAR TANGGA) PADA MATERI LINGKARAN KELAS XI DI SMK MUHAMMADIYAH 2 METRO

Tiyastirin, Pintam (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF DISERTAI GAME EDUKASI (ULAR TANGGA) PADA MATERI LINGKARAN KELAS XI DI SMK MUHAMMADIYAH 2 METRO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (646kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (485kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (298kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Era 5.0 adalah era dimana teknologi sebagai dasar kehidupan, berdasarkan permasalahan penelitian belum adanya pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran serta tidak ada sumber belajar mandiri siswa maka dilakukan penelitian pengembangan untuk mengatasi permasalahan. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan produk e-modul interaktif disertai game edukasi (ular tangga) pada materi lingkaran kelas XI di SMK Muhammadiyah 2 Metro yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D terdiri dari 4 tahapan yaitu pendefinisian (Define), perancangan (Design), pengembangan (Develop), dan penyebaran (Desseminate). Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 2 Metro pada tanggal 21 Juli 2023. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI TJKT SMK Muhammadiyah 2 Metro. Instrumen pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket dan wawancara. Uji kevalidan dilakukan oleh 3 validator ahli materi dan bahasa serta 3 validator ahli media. Hasil validasi dari keenam validator memperoleh rata-rata persentase 82% memenuhi kriteria sangat valid. Kemudan uji kepraktisan kelompok kecil dilakukan oleh 10 peserta didik memproleh hasil rata-rata persentase 89% memenuhi kriteria sangat praktis. Pada penelitian yang dikembangkan e-modul hanya bisa akses melalui internet serta pengerjaan soal pada game edukasi manual, sehingga perlu adanya pengembangan dan inovasi lagi dalam melakukan penelitian ini. Kata kunci: Pengembangan, e-modul interaktif. game ular tangga, lingkaran

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 016/Pendidikan Matematika/2023
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, E-modul Interaktif. Game Ular Tangga, Lingkaran.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Pendidikan
500 Ilmu Murni > Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Feri Apriyanto
Date Deposited: 18 Jan 2024 02:44
Last Modified: 18 Jan 2024 02:44
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/2343

Actions (login required)

View Item View Item