PENGEMBANGAN E-MODUL SEJARAH KEMERDEKAAN INDONESIA UNTUK MENANAMKAN RASA CINTA TANAH AIR PADA PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA NEGERI 4 METRO

Pambudi, Dega Ilham (2020) PENGEMBANGAN E-MODUL SEJARAH KEMERDEKAAN INDONESIA UNTUK MENANAMKAN RASA CINTA TANAH AIR PADA PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA NEGERI 4 METRO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (710kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LITERATUR.pdf

Download (75kB) | Preview
Official URL: http://eprints.ummetro.ac.id

Abstract

Berdasarkan hasil survey yang dilakukan, media pembelajaran yang digunakan oleh guru mata pelajaran sejarah kelas XI di SMA Negeri 4 Metro seperti pada umumnya menggunakan buku paket dan lembar kerjas siswa (LKPD). Sehingga menyebabkan pembelajaran sejarah kurang berjalan secara optimal. Sebagai seorang pendidik tentunya perlu berinovasi dalam penggunaan media pembelajaran untuk memfasilitasi peserta didik.Sehubungan dengan permasalahan tersebut maka dapat dirumuskan yaitu, (1) bagaimanakah media pembelajaran sejarah yang digunakan selama ini di kelas XI di SMA Negeri 4 Metro, (2) seperti apa desain pengembangan e-modul sejarah kemerdekaan Indonesia untuk menanamkan rasa cinta tanah air pada peserta didik kelas XI di SMA Negeri 4 Metro, (3) apakah menurut pakar dan praktisi desain pengembangan e-modul sejarah kemerdekaan Indonesia untuk menanamkan rasa cinta tanah air pada peserta didik kelas XI di SMA Negeri 4 Metro tersebut layak di uji cobakan. Adapun Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan media pembelajaran sejarah yang selama ini yang digunakan dikelas XI di SMA Negeri 4 Metro, (2) untuk mendapatkan desain media e-modul sejarah kemerdekaan Indonesia untuk menanamkan rasa cinta tanah air pada peserta didik kelas XI di SMA Negeri 4 Metro, (3) untuk mendeskripsikan pendapat para pakar/praktisi desain e-modul sejarah kemerdekaan Indonesia Layak di gunakan atau tidak. Dari permasalahan yang ada maka perlu adanya pengembangangan emodul sejarah untuk pembelajaran yang akan dikemas dengan lebih spesifik yang membahas mengenai sejarah kemerdekaan Indonesia. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan menggunakan metode Reserch and Development (R&D) atau penelitian pengembangan level 1 yaitu meneliti tanpa menguji. Hasil penelitian yang telah dilakukan dengan melalui validasi oleh ahli materi, ahli media diperoleh hasil validasi ahli materi tahap 1 dengan persentase sebesar 80% dengan kriteria “Layak”, tahap 2 sebesar 91% dengan kriteria “Sangat Layak”. dan hasil validasi oleh ahli media tahap 1 yaitu 73,33% dengan kriteria “Layak”, dan tahap 2 sebesar 84,67% dengan kriteria “Sangat Layak”, dan hasil tanggapan peserta didik sebesar 91,41% dengan kriteria “Sangat Layak”. Setelah melalui tahap validasi 1 dan 2 serta revisi, produk e-modul telah dinyatakan layak untuk diujicoba sebagai media pembelajaran sejarah kelas XI di SMA Negeri 4 Metro untuk menanamkam rasa cinta tanah air pada peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Creators:
CreatorsNIM/NPMEmail
Pambudi, Dega IlhamUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorKuswono, Kuswononidn0229118701UNSPECIFIED
Thesis advisorHidayat, Bobinidn0219098502UNSPECIFIED
Thesis advisorSumiyatun, Sumiyatunnidn0010105801UNSPECIFIED
Additional Information: 005/Pendidikan Sejarah/2020
Uncontrolled Keywords: Media, Pembelajaran Sejarah, E-Modul, Sejarah Kemerdekaan Indonesia, Cinta Tanah Air
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Pendidikan
900 Sejarah dan Geografi > Sejarah Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Feri Apriyanto
Date Deposited: 25 Nov 2020 06:44
Last Modified: 27 Nov 2020 02:54
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/232

Actions (login required)

View Item View Item