PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING ( PBL) TERHADAP KETRAMPILAN METAKOGNITIF DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS X FARMASI SEMESTER GENAP DI SMK MUHAMMADIYAH 3 METRO TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Anggarani, Fitriya (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING ( PBL) TERHADAP KETRAMPILAN METAKOGNITIF DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS X FARMASI SEMESTER GENAP DI SMK MUHAMMADIYAH 3 METRO TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (476kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB) | Preview
Official URL: http://eprints.ummetro.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah Untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Project Based Learning (PBL) terhadap keterampilan metakognitif peserta didik kelas X Farmasi di SMK Muhammadiyah 3 Metro. Metode Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif (quasi experiment) atau eksperimen semu. Sebelum diterapkanya model pembelajaran Project Based Learning (PBL) di dalam kelas, terdapat suatu masalah yaitu terdapat di dalam diri peserta didik yang dimana pada saat proses pemebelajaran berlangsung peserta didik belum mengembangkan keterampilan metakognitif dalam proses pembelajaran sejarah khususnya kelas X Farmasi. Dalam pelaksanaan penelitian yakni persiapan penelitian, uji coba soal,perlakuan pre tes, kegiatan pembelajaran dan pemberian pos tes. Hasil penelitian di buktikan dengan adanya perbedan hasil nilai pos tes antara kelas yang diberikan perlakuan model pembelajaran tersebut dengan kelas yang tidak diberikan model pembelajaran Project Based Learning (PBL). Selain hasil pos tes adapun perbedaan nilai rata-rata yang didapat oleh dua kelas yang berbeda antara kelas yang diberikan model pembelajaran tersebut dan kelas yang tidak diberikan perlakuan model pembelajaran Project Based Learning (PBl).Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan untuk diterapkannya model pembelajaran tersebut dalam proses pembeajaran sejarah .

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Creators:
CreatorsNIM/NPMEmail
Anggarani, Fitriyanim16220027UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisoragustono, ragilnidn196408241988031005UNSPECIFIED
Thesis advisorhidayat, bobinidn0219098502UNSPECIFIED
Thesis advisorkuswono, kuswononidn0229118701UNSPECIFIED
Additional Information: 008/pend.sejarah/2020
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Poject Basead Learning (PBL),Keterampilan Metakognitif.
Subjects: 900 Sejarah dan Geografi > Ilmu Sejarah
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: editor library ummetro
Date Deposited: 27 Nov 2020 03:11
Last Modified: 18 Dec 2020 03:56
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/227

Actions (login required)

View Item View Item