IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENUMBUHKAN MOTIVASI SISWA DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS VII MTS MUHAMMADIYAH SEKAMPUNG

Nugrahwati, Puspita (2020) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENUMBUHKAN MOTIVASI SISWA DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS VII MTS MUHAMMADIYAH SEKAMPUNG. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (188kB) | Preview
Official URL: http://eprints.ummetro.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Mengetahui implementasi pembelajaran inkuiri dalam pembelajaran IPA dapat menumbuhkan motivasi siswa. (2) Mengetahui implementasi pembelajaran inkuiri dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Pada penelitian ini menggunakan populasi terjangkau, yaitu siswa kelas VII MTs Muhammadiyah Sekampung dengan jumlah siswa 12 orang. Adapun teknik analisa data yang akan dipakai untuk analisis data observasi tentang keterlaksanaan pembelajaran IPA materi Klasifikasi Benda dan analisis data tes. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: (1) Pembelajaran IPA dengan penerapan Metode Pembelajaran Inkuiri pada kelas VII MTs Muhammadiyah Sekampung tahun ajaran 2019/2020 dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah yaitu (1) orientasi, (2) merumuskan masalah, (3) merumuskan hipotesis, (4) mengumpulkan data, (5) menguji hipotesis melalui eksperimen, dan (6) merumuskan kesimpulan. (2) Melalui Metode Pembelajaran Inkuiri terbukti dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII MTs Muhammadiyah Sekampung Tahun pelajaran 2019/2020. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil angket motivasi belajar siswa. Sebelum tindakan rata-rata motivasi siswa kriterianya sedang (rata-rata nilai 37,4), pada siklus I rata-rata motivasi belajar siswa kriterianya masih sedang (rata-rata nilai 42,2), dan pada sikus II rata-rata motivasi belajar siswa kriterianya tinggi (ratarata nilai 46,4). Siswa yang semula malas dan tidak bersemangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran menjadi lebih termotivasi dan fokus dalam pembelajaran. (3) Peningkatan motivasi belajar siswa melalui Metode Pembelajaran Inkuiri juga diikuti dengan meningkatnya hasil belajar siswa kelas VII MTs Muhammadiyah Sekampung Tahun pelajaran 2019/2020. Hal ini dapat terlihat dengan adanya peningkatan nilai rata-rata kelas, yaitu sebelum tindakan nilai rata-rata kelas sebesar 65,45; siklus I naik menjadi 72,15; dan pada siklus II naik menjadi 81. Untuk siswa tuntas belajar dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) 65, pada tes pra siklus 35%, tes siklus I 75% dan pada tes siklus II 85% siswa sudah mencapai ketuntasan belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Creators:
CreatorsNIM/NPMEmail
Nugrahwati, Puspitanim13320076UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSutanto, Agusnidn0027086201UNSPECIFIED
Thesis advisorLepiyanto, Agilnidn0212028502UNSPECIFIED
Thesis advisorSujarwanta, Agusnidn0005106311UNSPECIFIED
Additional Information: 045/Pend. Biologi/2020
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif.
Subjects: 500 Ilmu Murni > Biologi, Ilmu Hayati
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Dharma Eko Prasetyawan
Date Deposited: 23 Nov 2020 06:46
Last Modified: 23 Nov 2020 06:46
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/215

Actions (login required)

View Item View Item