ANALISIS PERBANDINGAN Z-SCORE MODEL ALTMAN DAN Z-SCORE MODEL FOSTER DALAM MEMPREDIKSI KEBANGKRUTAN PERUSAHAAN SUB SEKTOR OTOMOTIF DAN KOMPONEN DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2016-2018

Nurmansyah, Wahyudi (2020) ANALISIS PERBANDINGAN Z-SCORE MODEL ALTMAN DAN Z-SCORE MODEL FOSTER DALAM MEMPREDIKSI KEBANGKRUTAN PERUSAHAAN SUB SEKTOR OTOMOTIF DAN KOMPONEN DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2016-2018. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB) | Preview
Official URL: http://eprints.ummetro.ac.id

Abstract

Investasi merupakan aktivitas yang sering dihadapkan pada berbagai macam resiko dan ketidak pastian, untuk meminimalisir resiko dan ketidak pastian yang nanti terjadi investor harus memiliki informasi keuangan. Informasi keuangan perusahaan didapat dalam laporan keuangan yang merupakan hasil refleksi dari sekian banyak transaksi dalam suatu perusahaan, laporan keuangan ini disusun dan ditafsirkan untuk kepentingan manajemen dan pihak lain yang mempunyai kepentingan dengan data keuangan perusahaan seperti Investor. Investor juga harus lebih meneliti Informasi perusahaan yang ingin ia investasikan, apakah sedang mengalami kerugian yang akan menyebabkan perusahaan tersebut berada dalam kondisi financial distress atau parahnya terancam kebangkrutan. Kondisi kebangkrutan perusahaan dapat diukur dengan melakukan analisis terhadap laporan keuangan perusahaan pada tahun-tahun sebelumnya dengan mengunakan alat Multiple Discriminan Analisis Z-Score, Z-Score ini ialah bentuk analisis keuangan yang menggunakan rasio-rasio keuangan yang dikombinasikan menjadi persamaan matematis. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan prediksi kebangkrutan model Altman dan Foster, apakah laporan keuangan sebelum terjadi kebangkrutan dapat digunakan untuk memprediksi kebangkrutan, dan mengetahui metode yang lebih akurat dalam memprediksi kebangkrutan pada perusahaan sub sektor Otomotif dan Komponen. Dalam penelitian ini mengunakan metode pengumpulan data Dokumentasi dan Studi kepustakaan. Teknik Sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan periode pengamatan 2016-2018 dengan sempel 12 perusahaan per tahun. Teknik analisis dengan mengunakan metode Altman dan Foster dengan uji t dua sampel berpasangan sebagai alat uji hipotesis dan Tipe error untuk melihat keakuratan kedua metode Altman dan Foster. Berdasarkan hasil analisis model Z-Score Altman dan Foster perusahaan Otomotif dan Komponen tahun 2016-2018 dapat disimpulakan bahwa terbukti model keuangan Altman dan Foster dapat memprediksi kebangkrutan dan laporan keuangan sebelum terjadi kebangkrutan dapat digunakan untuk mengukur tingkat kebangkrutan, kemudian dengan uji hipotesis didapat bahwa tidak terdapat perbedaan hasil perediksi kebangkrutan model Altman dan Foster, dan didapat keakuratan metode perediksi kebangkrutan Altman 56% dan Foster 100%.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Creators:
CreatorsNIM/NPMEmail
Nurmansyah, Wahyudinpm16610167UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorMazni, Afdalnidn0331106101UNSPECIFIED
Thesis advisorFebriyanto, Febriyantonidn0223027901UNSPECIFIED
Thesis advisorSuhada, Bambangnip196412041992031002UNSPECIFIED
Additional Information: 015/Manajemen/2020
Uncontrolled Keywords: Perbandingan, Model Altman, Model Foster, Prediksi Kebangkrutan.
Subjects: 600 Ilmu Terapan > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: editor library ummetro
Date Deposited: 11 Nov 2020 06:26
Last Modified: 11 Nov 2020 06:26
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/189

Actions (login required)

View Item View Item