Setiawan, Nanang (2020) Manajemen Kerjasama Sekolah dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa pada SMK Muhammadiyah Abung Semuli Kabupaten Lampung Utara. Tesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (14MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (378kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (352kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (219kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (198kB) | Preview |
Abstract
Manajemen kerjasama yang dilakukan sekolah dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI) merupakan salah satu bentuk pengelolaan manajemen yang saling terkait antara dua institusi dalam melaksanakan pendidikan dan pelatihan yang saling mengisi, saling membutuhkan, dan saling menguntungkan di dalam melakukan program kerjasama yang direncanakan. Fokus penelitian dalam penulisan tesis ini adalah: (1) bagaimana perencanaan kerjasama sekolah dengan dunia usaha dan dunia industri dalam meningkatkan kompetensi siswa?, (2) bagaimana pelaksanaan kerjasama sekolah dengan dunia usaha dan dunia industri dalam meningkatkan kompetensi siswa?, dan (3) bagaimana evaluasi kerjasama sekolah dengan dunia usaha dan dunia industri dalam meningkatkan kompetensi siswa?. Tujuan dari Tesis ini bagi peneliti adalah untuk menambah wawasan pola pikir, sikap, dan pengalaman sebagai upaya peningkatan kualitas dalam pembelajaran, yakni dengan memahami hakikat dari sebuah manajemen kerjasama sekolah dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI) guna menciptakan kerjasama yang efektif dalam meningkatkan kompetensi siswa. Jenis penelitian ini adalah berupa penelitian deskriptif kualitatif, metode pengumpulan data menggunakan : (1) wawancara, (2) observasi, dan (3) analisis dokumen. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data tunggal di SMK Muhammadiyah Abung Semuli, Lampung Utara, Lampung. Dari hasil penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa: (1) Pada tahap perencanaan, telah dilaksanakan di akhir tahun pelajaran dengan beberapa tahapan, diantaranya; kegiatan survei dan analisis program, penyusunan program, rencana pembiayaan program, pengorganisasian, rencana pengembangan. (2) Pada tahap pelaksanaan, dalam pelaksanaannya meliputi ; koordinasi DUDI, Memorandum of Understanding (MoU), penyelarasan kurikulum, Praktik Kerja Lapangan (PKL), Uji Kompetensi Keahlian (UKK), pemagangan guru atau On the Job Training (OJT), Program Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK, program teaching factory. (3) Pada tahap evaluasi, telah dilaksanakan yang meliputi ; evaluasi perencanaan, evaluasi pelaksanaan, dampak pelaksanaan dan rencana tindak lanjut.
Item Type: | Thesis (Tesis (S2)) |
---|---|
Additional Information: | 070/Pasca Manajemen Pendidikan/2020 |
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Kerjasama Sekolah, Dunia Usaha dan Dunia Industri, Kompetensi Siswa |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > Pendidikan 300 Ilmu Sosial > Manajemen Pendidikan |
Divisions: | Pascasarjana > S2 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | editor library ummetro |
Date Deposited: | 10 Nov 2020 07:51 |
Last Modified: | 10 Nov 2020 07:51 |
URI: | http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/179 |
Actions (login required)
View Item |