PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN NILAI MUTLAK SATU VARIABEL

FERTASARI, FERTASARI (2022) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN NILAI MUTLAK SATU VARIABEL. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1 COVER.pdf

Download (499kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 BAB I.pdf

Download (891kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 BAB III.pdf

Download (888kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 BAB V.pdf

Download (888kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 DAFTAR LITERATUR.pdf

Download (888kB) | Preview
Official URL: http://eprints.ummetro.ac.id

Abstract

Penelitian pengembangan multimedia interaktif berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi Sistem Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak Satu Variabel dilakukan di SMA Muhammadiyah 2 Metro kelas X. Masalah yang ada terdapat penggunaan bahan ajar yang belum maksimal karena masih menggunakan buku cetak. Tujuan penelitian pengembangan interaktif yaitu untuk menghasilkan produk yang “layak dan praktis” digunakan sebagai media pembelajaran peserta didik. Metode pengembangan yang digunakan adalah model Four D Model atau 4-D yang terdiri dari Define, Design, Development, dan Disseminate. Dari hasil validasi diperoleh rata-rata persentase oleh ahli materi sebesar 91,5% dengan interpretasi “sangat layak” dan ahli media diperoleh ratarata persentase sebesar 85% dengan interpretasi “sangat sayak”. Selanjutnya pada uji coba kelompok kecil dilakuakan oleh 7 peserta didik kelas X IPA. 1 diperoleh rata-rata persentase sebesar 90% dengan interpretasi “sangat praktis”. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan multimedia interaktif berbasis Problem Based Learning (PBL) merupakan bahan ajar yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat layak dan sangat praktis untuk digunakan, selain itu dapat mempemudah peserta didik dalam memahami materi dan membantu ketercapaian tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 017/Pendidikan Matematika/2022
Uncontrolled Keywords: multimedia interaktif, nilai mutlak, pengembangan, PBL
Subjects: 500 Ilmu Murni > Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Tri Kris Krisniati
Date Deposited: 05 Dec 2022 06:54
Last Modified: 05 Dec 2022 06:54
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/1753

Actions (login required)

View Item View Item