Santoso, Joko (2020) HUBUNGAN ANTARA SIKAP GURU DAN SUPERVISI INSTRUKSIONAL DENGAN KETERAMPILAN MENGELOLA PEMBELAJARAN DI SMA NEGERI KOTA METRO LAMPUNG. Tesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (236kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (288kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (188kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR LITERATUR.pdf Download (273kB) | Preview |
Abstract
Keterampilan mengelola pembelajaran merupakan indikator utama untuk kerberhasilan kepala sekolah dalam menjalankan tugasnya. Keterampilan mengelola pembelajaran yaitu kemampuan kepala sekolah dalam hal mengorganisasikan pembelajaran, serta mengawasi dan menilai pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Survei awal diketahui bahwa secara umum guru-guru belum memiliki keterampilan mengelola pembelajaran dengan baik. Keterampilan yang baik sudah tentu tidak tercapai dengan sendirinya. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi keterampilan mengelola pembelajaran, yakni diantaranya sikap guru dan supervisi instruksional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) hubungan antara sikap guru dengan keterampilan mengelola pembelajaran di SMA Negeri Kota Metro Lampung, (2) hubungan antara supervisi instruksional dengan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran di SMA Negeri Kota Metro Lampung, (3) hubungan antara sikap guru dan supervisi instruksional secara bersama-bersama dengan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran di SMA Negeri Kota Metro Lampung. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan teknik korelasional. Sampel penelitian ini adalah guru SMA Negeri 1 Metro yaitu sebanyak 15 orang, SMA Negeri 2 Metro yaitu sebanyak 12 orang, SMA Negeri 3 Metro yaitu sebanyak 11 orang, SMA Negeri 4 Metro yaitu sebanyak 9 orang, SMA Negeri 5 Metro yaitu sebanyak 11 orang, dan SMA Negeri 6 Metro yaitu sebanyak 9 orang serta total semua 67 orang. Metode Pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket. Teknis analisis data menggunakan proportional random sampling. Pengujian pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasi yang dilanjutkan dengan uji normalitas, dan uji linieritas. Hasil Penelitian menunjukan bahwa (1) Sikap guru memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, kontribusi sikap guru terhadap keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran sebesar 62,80%. (2) Supervisi instruksional memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, kontribusi supervisi instruksional kepala sekolah terhadap keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran sebesar 74,40%. (3) Sikap guru dan supervisi instruksional memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, kontribusi sikap guru dan supervisi instruksional kepada sekolah terhadap keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran sebesar 82,12%.
Item Type: | Thesis (Tesis (S2)) |
---|---|
Additional Information: | 076/Pasca Administrasi Pendidikan/2020 |
Uncontrolled Keywords: | Sikap Guru, Supervisi Instruksional, Keterampilan Mengelola Pembelajaran |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > Manajemen Pendidikan |
Divisions: | Pascasarjana > S2 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | editor library ummetro |
Date Deposited: | 10 Nov 2020 07:24 |
Last Modified: | 10 Nov 2020 07:24 |
URI: | http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/175 |
Actions (login required)
View Item |