Erlina, Erlina (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PENGUASAAN KONSEP PESERTA DIDIK SMP MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA. Tesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.
|
Text
1. COVER.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text
2. BAB I TESIS OK Erlina.pdf Download (316kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB III TESIS OK Erlina.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB V PENUTUP OK.pdf Download (150kB) | Preview |
|
|
Text
7. DAFTAR LITERATUR OK.pdf Download (365kB) | Preview |
Abstract
Pengembangan perangkat pembelajaran model inkuiri terbimbing didasarkan pada pentingnya penggunaan perangkat pembelajaran yang tepat untuk melatihkan keterampilan proses sains dan penguasaan konsep IPA. Berdasarkan data yang dikutip dari arsip kurikulum SMP Negeri 1 Metro, hasil belajar IPA pada penilaian harian materi Sistem Pencernaan Makanan Manusia diperoleh ketuntasan belajar klasikal 66%, sedangkan di dalam KTSP SMP Negeri 1 Metro ketuntasan belajar klasikal dipersyaratkan minimal 80%. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran model inkuiri terbimbing yang efektif untuk melatihkan keterampilan proses sains dan penguasaan konsep IPA peserta didik SMP. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yang dikemukakan oleh Thiagarajan yaitu define (mendefinisikan), design (perancangan), development (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Hasil penelitian ini menunjukkkan bahwa rata-rata NGain score keterampilan proses sains dan penguasaan konsep berada pada kategori tinggi; penguasaan konsep peserta didik setelah pembelajaran meningkat; respon peserta didik terhadap pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing dinilai baik. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran model inkuiri terbimbing efektif diterapkan dalam pembelajaran IPA peserta didik SMP kelas VIII.
Item Type: | Thesis (Tesis (S2)) |
---|---|
Additional Information: | 004/Pasca Biologi/2022 |
Uncontrolled Keywords: | inkuiri terbimbing; keterampilan proses sains; penguasaan konsep |
Subjects: | 500 Ilmu Murni > Biologi, Ilmu Hayati |
Divisions: | Pascasarjana > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Khusnul Nisa A |
Date Deposited: | 05 Dec 2022 03:56 |
Last Modified: | 05 Dec 2022 03:56 |
URI: | http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/1747 |
Actions (login required)
View Item |