PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PENGUASAAN KONSEP PESERTA DIDIK SMP MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA

Erlina, Erlina (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PENGUASAAN KONSEP PESERTA DIDIK SMP MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA. Tesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I TESIS OK Erlina.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB III TESIS OK Erlina.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB V PENUTUP OK.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR LITERATUR OK.pdf

Download (365kB) | Preview
Official URL: https://eprints.ummetro.ac.id/

Abstract

Pengembangan perangkat pembelajaran model inkuiri terbimbing didasarkan pada pentingnya penggunaan perangkat pembelajaran yang tepat untuk melatihkan keterampilan proses sains dan penguasaan konsep IPA. Berdasarkan data yang dikutip dari arsip kurikulum SMP Negeri 1 Metro, hasil belajar IPA pada penilaian harian materi Sistem Pencernaan Makanan Manusia diperoleh ketuntasan belajar klasikal 66%, sedangkan di dalam KTSP SMP Negeri 1 Metro ketuntasan belajar klasikal dipersyaratkan minimal 80%. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran model inkuiri terbimbing yang efektif untuk melatihkan keterampilan proses sains dan penguasaan konsep IPA peserta didik SMP. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yang dikemukakan oleh Thiagarajan yaitu define (mendefinisikan), design (perancangan), development (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Hasil penelitian ini menunjukkkan bahwa rata-rata NGain score keterampilan proses sains dan penguasaan konsep berada pada kategori tinggi; penguasaan konsep peserta didik setelah pembelajaran meningkat; respon peserta didik terhadap pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing dinilai baik. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran model inkuiri terbimbing efektif diterapkan dalam pembelajaran IPA peserta didik SMP kelas VIII.

Item Type: Thesis (Tesis (S2))
Additional Information: 004/Pasca Biologi/2022
Uncontrolled Keywords: inkuiri terbimbing; keterampilan proses sains; penguasaan konsep
Subjects: 500 Ilmu Murni > Biologi, Ilmu Hayati
Divisions: Pascasarjana > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Khusnul Nisa A
Date Deposited: 05 Dec 2022 03:56
Last Modified: 05 Dec 2022 03:56
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/1747

Actions (login required)

View Item View Item