PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN PARTISIPASI KOMITE SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SMK SEKECAMATAN LABUHAN MARINGGAI LAMPUNG TIMUR

Anwar, Muhammad Zainul (2020) PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN PARTISIPASI KOMITE SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SMK SEKECAMATAN LABUHAN MARINGGAI LAMPUNG TIMUR. Tesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (876kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (361kB) | Preview
Official URL: http://eprints.ummetro.ac.id

Abstract

Tujuan pada penelitian adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisa 1) pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru, 2) partisipasi komite sekolah terhadap kinerja guru, 3) pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah dan partisipasi komite sekolah secara bersamasama terhadap kinerja guru SMK Se-Kecamatan Labuhan Maringgai Lampung Timur. Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kuantitatif, yang unsurunsurnya terdiri atas kepala sekolah, komite sekolah dan guru. Pengumpulan data menggunakan cross section dengan menggunakan media kuisioner atau angket serta analisis data menggunakan regresi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh nyata terhadap kinerja guru. Hal ini bermakna bahwa karena oengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah dapat menjalankan peran dan fungsinya dengan baik, maka kinerja guru juga mengalami peningkatan. Gaya kepemimpinan merupakan perilaku dan strategi yang sering disukai dan diterapkan oleh seorang pemimpin. Dengan gaya kepemimpinan kepala sekolah dapat menentukan keberhasilan atau kegagalan guru dalam menjalankan tugas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh nyata terhadap kinerja guru, hal ini bermakna bahwa karena gaya kepemimpinan kepala sekolah menjalankan gaya kepemimpinannya dengan baik, maka kinerja guru juga mengalami peningkatan. Dapat dilihat juga dari hasil penelitian partisipasi komite sekolah berpengaruh langsung terhadap kinerja guru, karena partisipasi komite sekolah dijalankan dengan baik, maka kinerja guru juga mengalami peningkatan. Pengaruh Gaya kepemimpinan kepala sekolah dan partisipasi komite sekolah secara bersamasama berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru, karena gaya kepemimpinan kepala sekolah dilaksanakan dengan baik dan partisipasi komite sekolah dilaksanakan dengan baik, kinerja guru juga mengalami peningkatan. Komite Sekolah merupakan suatu badan yang mewadahi peran serta masyarakat dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan, pemerataan dan efisiensi pengelolaan pendidikan di satuan pendidikan. Komite sekolah bersifat mandiri, tidak memiliki hubungan hirarki dengan sekolah ataupun lembaga pemerintah lainnya.

Item Type: Thesis (Tesis (S2))
Creators:
CreatorsNIM/NPMEmail
Anwar, Muhammad Zainulnpm18720015UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorNoor, Marzukinip195705031986031003UNSPECIFIED
Thesis advisorRiyanto, Riyantonidn8864040017UNSPECIFIED
Thesis advisorKarwono, Karwononip195701211987031002UNSPECIFIED
Additional Information: 078/Pasca Manajemen Pendidikan/2020
Uncontrolled Keywords: kepemimpinan kepala sekolah, komite sekolah, kinerja guru
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Manajemen Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Administrasi Pendidikan (S2)
Depositing User: editor library ummetro
Date Deposited: 10 Nov 2020 03:52
Last Modified: 10 Nov 2020 03:52
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/170

Actions (login required)

View Item View Item