KONSEP MODERNISASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PERSPEKTIF IBNU KHALDUN

Wahidin, Anas Nur (2022) KONSEP MODERNISASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PERSPEKTIF IBNU KHALDUN. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (65kB) | Preview
Official URL: https://eprints.ummetro.ac.id/

Abstract

Sebagai bentuk kritikan sekaligus perbaikan sistem Pendidikan Agama Islam, Ibnu Khaldun menyampaikan gagasannya berkenaan dengan modernisasi proses pendidikan. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu bagaimana konsep modernisasi Pendidikan Agama Islam yang digagas oleh Ibnu Khaldun mampu menjadi buah pikiran yang berhasil memperbaiki sistem pendidikan hari ini, sebagaimana yang kita ketahui bahwa perkembangan era globalisasi kurang dibaca oleh para praktisi pendidikan khususnya dalam lingkup Pendidikan Agama Islam. Lulusan-lulusan dalam lembaga pendidikan belum mampu menginternalisasi nilai-nilai Islam dan belum mampu bersaing secara kualitas. Penelitian ini membahas pemikiran Ibnu Khaldun tentang potret konsep modernisasi yang ditawarkan oleh Ibnu Khaldun, perlunya perwujudan konsep modernisasi Ibnu Khaldun dalam Undang-undang Sisdiknas, dan Implementasi modernisasi Pendidikan Agama Islam perspektif Ibnu Khaldun di tingkat Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kualitatif kepustakaan, untuk membahas permasalahan tersebut, peneliti menggunakan jenis penelitian study tokoh dengan pendekatan library research, yang menkaji secara teoritis dan mendalam untuk kemudian mendapatkan kesimpulan. Skripsi ini mengkaji terkait pemikiran modernisasi Ibnu Khaldun dan implementasinya dalam pendidikan agama dengan sumber data primer didapatkan dari buku karangan Ibnu Khaldun dan data sekunder dari buku-buku yang berkaitan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan Islam hendaknya tidak hanya diarahkan pada pemahaman nilai-nilai Islam yang berkutat pada pemaparan teori, melainkan peserta didik perlu dihadapkan dengan realitas sosial, sistematisasi materi, dan pematangan pondasi nilai-nilai Islam untuk kemudian mampu menjadi lulusan yang bisa bersaing dan cakap dengan dunia modern. Perwujudan konsep modernisasi Pendidikan Agama Islam Ibnu Khaldun dalam Sistem Pendidikan Nasional perlu dilakukan, hal ini dikarenakan konsep modernisasi Pendidikan Agama Islam dalam perspektif Ibnu Khaldun sesuai dengan tujuan dan nilai-nilai yang disepakati dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional nomor 20 tahun 2003 dan sesuai dengan tuntutan zaman.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 004/PAI/2022
Uncontrolled Keywords: Modernisasi, Ibnu Khaldun, Modernisasi Pendidikan Agama Islam
Subjects: 200 Agama > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Khusnul Nisa A
Date Deposited: 24 Nov 2022 07:49
Last Modified: 24 Nov 2022 07:49
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/1688

Actions (login required)

View Item View Item