Sururudin, Hadi (2020) IMPLEMENTASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MUTU LULUSAN DI MA MUHAMMADIYAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG. Tesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (291kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (853kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (744kB) | Preview |
Abstract
Upaya meningkatkan mutu pendidikan, tidak bisa terlepas dari upaya perbaikan manajemen madrasah. Oleh karena itu, sistem pendidikan di madrasah saat ini harus diperbaiki, meliputi aspek perbaikan kurikulum dan perbaikan kualitas pembelajaran, kualitas sumber daya manusia baik tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan, perbaikan sarana prasarana, dan partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan. Langkah-langkah strategis juga harus dikembangkan oleh madrasah untuk menjadi madrasah yang efektif dalam membangun citra positif sehingga ada akselerasi peningkatan kualitas madrasah. Realita di lapangan, banyak kepala madrasah yang belum menempatkan dirinya pada posisi-posisi yang seharusnya ditempatinya yang akan meningkatkan mutu lulusan, yaitu sebagai manajer, sebagai admisistrator, sebagai motor hubungan sekolah dengan masyarakat, sebagai pemimpin dan sebagai supervisor. Fokus utama pada penelitian ini adalah Implementasi Manajemen Pembelajaran dalam Meningkatkan Mutu Lulusan. Adapun secara rinci sub fokus pada penelitian ini adalah 1) Perencanaan pembelajaran dalam meningkatkan mutu lulusan di MAM Sukarame Bandar Lampung, 2) Pengorganisasian proses pembelajaran dalam meningkatkan mutu lulusan di MAM Sukarame Bandar Lampung, 3) Pelaksanaan proses pembelajaran dalam meningkatkan mutu lulusan di MAM Sukarame Bandar Lampung, 4) Kegiatan evaluasi pembelajaran dalam meningkatkan mutu lulusan di MAM Sukarame Bandar Lampung, 5) Faktor penghambat pelaksanaan manajemen pembelajaran dan solusi dari hambatan tersebut di MAM Sukarame Bandar Lampung dalam meningkatkan mutu lulusan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran dalam meningkatkan mutu mulusan di MA Muhammadiyah Sukarame sudah cukup baik, sehingga dapat menghasilkan output yang baik, dengan demikian dapat menunjang peningkatan mutu lulusan, 2) Pengorganisasian proses pembelajaran di MA Muhammadiyah Sukarame yakni dilakukan oleh wakil kepala sekolah bagian kurikulum, yang sudah diberikan mandat dari kepala madrasah untuk mengorganisir guru, dari mulai pendistribusian jam dan mengkoordinir kebutuhan buku-buku pelajaran sebagai penunjang, 3) Pelaksanaan proses pembelajaran dalam meningkatkan mutu lulusan di MA Muhammadiyah Sukarame adalah dengan melakukan peningkatan kompetensi guru MA Muhammadiyah Sukarame yakni antara lain melaluiworkshop/diklat dan MGMP, 4) Kegiatan evaluasi pembelajaran dalam meningkatkan mutu lulusan di MAMuhammadiyah Sukarame Bandar Lampung, adalah guru sering memberikan motivasi kepada peserta didik.
Item Type: | Thesis (Tesis (S2)) |
---|---|
Additional Information: | 082/Pasca Manajemen Pendidikan/2020 |
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Manajemen Pembelajaran, Mutu Lulusan |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > Manajemen Pendidikan |
Divisions: | Pascasarjana > S2 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | editor library ummetro |
Date Deposited: | 10 Nov 2020 02:53 |
Last Modified: | 10 Nov 2020 02:53 |
URI: | http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/167 |
Actions (login required)
View Item |