Yulianti, Desy (2021) STUDI PENGUKURAN KEPUASAN PELAYANAN PASIEN DI PUSKESMAS PURWOSARI KECAMATAN METRO UTARA KOTA METRO LAMPUNG DENGAN PENDEKATAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS. Tesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (419kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (240kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (61kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (119kB) | Preview |
Abstract
STUDI PENGUKURAN KEPUASAN PELAYANAN PASIEN DI PUSKESMAS PURWOSARI KECAMATAN METRO UTARA KOTA METRO LAMPUNG DENGAN PENDEKATAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS Oleh DESY YULIANTI* Abstrak Salah satu upaya dalam bidang kesehatan adalah tersedianya pelayanan kesehatan yang berkualitas. Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator keberhasilan pemberian pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Puskesmas Purwosari Kecamatan Metro Utara Kota Metro merupakan salah satu unit pelayanan teknis daerah (UPTD) yang berada di wilayah Kota Metro. Peran puskesmas Purwosari sangat krusial dimana merupakan posisi pelayanan kesehatan dasar yang berperan sebagai kontak pertama kepada masyarakat. Namun terdapat beberapa temuan yang mengindikasikan ketidak puasan masyarakat atas pelayanan yang ada di puskesmas Purwosari. Salah satu teknik yang dapat digunakan untuk mengukur kepuasan pengunjung Puskesmas Purwosari adalah dengan menggunakan teknik pendekatan Importance Performance Analysis (IPA). Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui 1) Hasil pengukuran kepuasan pelayanan pasien di Puskesmas Purwosari Kecamatan Metro Utara Kota Metro Lampung dengan pendekatan Importance Performance Analysis, 2) Atribut yang harus diperbaiki Puskesmas Purwosari Kecamatan Metro Utara Kota Metro Lampung agar dapat meningkatkan kepuasan pasiennya, 3) Apa kendala dan solusi untuk meningkatkan kepuasan pasien Puskesmas Purwosari Kecamatan Metro Utara Kota Metro Lampung. Populasi penelitian ini adalah masyarakat yang melakukan pelayanan di Puskesmas Purwosari Kecamatan Metro Utara Kota Metro Lampung dihitung rata-rata dalam satu bulan. Metode yang digunakan oleh penulis adalah dengan menggunakan mix methode, yaitu menggabungkan antara penelitian kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil pengolahan data dengan metode Importance Performance Analysis (IPA), diperoleh nilai tingkat kesesuaian responden pasien sebesar 96%. Hal ini menunjukkan bahwa kinerja Puskesmas Purwosari KecamatanMetro Utara Kota Metro lampung terhadap 21 item pernyataan (atribut) kualitas pelayanan puskesmas yang menentukan kepuasan pasien adalah memuaskan. Sedangkan atribut yang harus diperbaiki adalah penunjuk informasi tentang proses pendaftaran, mushola bersih dan wangi, proses pembayaran cepat dan mudah, pegawai cepat dalam memberikan informasi yang dibutuhkan, peralatan kesehatan yang digunakan higienis, kerahasiaan hasil periksa pasien terjamin, pegawai menanyakan keinginan pasien yang baru datang. Kata kunci : Kualitas Pelayanan, kepuasan konsumen, Importance Performance Analysis
Item Type: | Thesis (Tesis (S2)) |
---|---|
Additional Information: | 029/Pasca Manajemen/2021 |
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen, Importance Performance Analysis |
Subjects: | 600 Ilmu Terapan > Manajemen |
Divisions: | Pascasarjana > S2 Manajemen |
Depositing User: | Feri Apriyanto |
Date Deposited: | 24 Nov 2022 02:59 |
Last Modified: | 24 Nov 2022 02:59 |
URI: | http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/1659 |
Actions (login required)
View Item |