PENGEMBANGAN MODUL FISIKA PADA MATERI CAHAYA BERBANTUAN SIMULASI PHET TERINTEGRASI NILAI ISLAM

ZAHRA, QONITA (2022) PENGEMBANGAN MODUL FISIKA PADA MATERI CAHAYA BERBANTUAN SIMULASI PHET TERINTEGRASI NILAI ISLAM. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. COVER .pdf

Download (805kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB III.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB V.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (140kB) | Preview
Official URL: http://eprints.ummetro.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan modul fisika sesuai dengan kebutuhan sekolah, mengetahui kelayakan produk modul fisika pada materi cahaya berbantuan simulasi PhET terintegrasi nilai Islam sebagai bahan ajar siswa kelas XI di MA Al-Muhsin Metro Utara Kota Metro dan mengetahui respon pengguna terhadap produk yang dikembangkan. Produk yang yang dikembangkan yaitu bahan ajar berupa modul yang didalamnya terdapat kegiatan praktikum virtual menggunakan simulasi PhET dan terdapat nilai Islam yang terkandung dalam Al-Qur’an yang berkaitan dengan aktivitas belajar siswa. Sehingga penggunaan produk ini memudahkan siswa melakukan kegiatan eksperimen yang tidak dapat berlangsung di sekolah dikarenakan tidak adanya laboraturium khusus fisika dan penggunaan produk ini dapat memudahkan pendidik/guru dalam menyampaikan materi beserta nilai Islam di dalamnya sehingga bahan ajar yang digunakan selaras dengan latar belakang sekolah yang berbasis Islam. Metode penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development) dan menggunakan model ADDIE yang meliputi Analyze, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Modul yang dikembangkan telah di validasi oleh 3 ahli yaitu ahli media, ahli materi dan ahli agama dengan hasil penilaian kelayakan media diperoleh persentase 86,6%, hasil penilaian kelayakan materi diperoleh persentase 79,4%, hasil penilaian kelayakan nilai Islam diperoleh persentase 93,3%. Kemudian, penilaian respon pengguna terhadap aspek kemenarikan didapatkan hasil persentase rata-rata 89,2%. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa modul fisika pada materi cahaya berbantuan simulasi PhET terintegrasi nilai Islam adalah sangat layak dan sangat menarik digunakan sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran fisika di sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 013/Pendidikan Fisika/2022
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Modul, Simulasi PhET, Nilai Islam
Subjects: 500 Ilmu Murni > Fisika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Tri Kris Krisniati
Date Deposited: 16 Nov 2022 02:43
Last Modified: 22 Nov 2022 07:39
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/1614

Actions (login required)

View Item View Item