PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS DISCOVERY LEARNING MATERI STATISTIKA UNTUK PENINGKATAN LITERASI NUMERASI SISWA SMP NEGERI 1 SEKAMPUNG

Apriliani, Evi (2022) PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS DISCOVERY LEARNING MATERI STATISTIKA UNTUK PENINGKATAN LITERASI NUMERASI SISWA SMP NEGERI 1 SEKAMPUNG. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LITERATUR.pdf

Download (375kB) | Preview
Official URL: https://eprints.ummetro.ac.id/

Abstract

Penelitian yang dilakukan berupa penelitian pengembangan dengan tujuan untuk menghasilkan modul matematika berbasis discovery learning materi statistika untuk peningkatan literasi numerasi siswa yang valid dan praktis. Penelitian ini juka dilaksanakan untuk mengetahui kualitas produk yang dikembangkan melalui uji kevalidan oleh validator dan kepraktisan oleh peserta didik. Model pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE Analyze, Design, Develop, Implementation, dan Evaluate. Untuk mengetahui kevalidan produk, dilakukan uji kevalidan kepada validator ahli yaitu, 1 dosen ahli materi,1 guru mata pelajaran matematika, 1 dosen ahli desain, 1 guru teknologi informasi. Ujicoba produk dilaksanakan di SMP Negeri 1 Sekampung dengan uji coba kelompok kecil yang berjumlah 10 peserta didik untuk mengetahui kepraktisan modul yang dikembangkan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan kualitas produk yang dihasilkan berdasarkan kevalidan modul memenuhi kriteria valid dengan persentase 77,43% yang diperoleh dari aspek materi dan desain. Hasil kepraktisan diperoleh dari hasil angket respon peserta didik dengan persentase 90,77% yang termasuk dalam katagori sangat praktis. Modul matematika berbasis discovery learning materi statistika untuk peningkatan literasi numerasi siswa yang dikembangkan ini valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 012/Pend. Matematika/2022
Uncontrolled Keywords: Discovery Larning; Literasi Numerasi; Modul;Pengembangan
Subjects: 500 Ilmu Murni > Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Khusnul Nisa A
Date Deposited: 11 Nov 2022 03:05
Last Modified: 11 Nov 2022 03:05
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/1530

Actions (login required)

View Item View Item