UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PADA ANAK TUNAGRAHITA DI DI SLB WIYATA DHARMA METRO TAHUN PELAJARAN 2021/2022

ABIDAH, LISA PUTRI (2022) UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PADA ANAK TUNAGRAHITA DI DI SLB WIYATA DHARMA METRO TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
abstrk.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LITERATUR.pdf

Download (10kB) | Preview
Official URL: http://eprints.ummetro.ac.id

Abstract

Menulis merupakan kemampuan dasar wajib dimiliki bagi peserta didik, dan telah diajarkan dari jenjang pendidikan dasar bahkan pra sekolah. Kemampuan menulis yang kurang maksimal dapat mempengaruhi pola belajar dan dapat menghambat proses perkembangan peserta didik dalam pendidikan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan hasil layanan bimbingan konseling oleh guru Bimbingan dan Konselin dalam rangka meningkatkan keterampilan menulis pada peserta didik di SLB Negeri Metro. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif untuk menggambarkan lebih jelas terkait perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi bimbingan dan konseling. Lokasi penelitian ini di SLB Wiyata Dharma dengan narasumber adalah guru Bimbingan dan Konseling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah wawancaradan observasi. Analisis data menggunakan analisis data induktif yang terdiri dari tahapan pengumpulan data, pemilahan data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling terkait dengan meningkatkan kemmapuan menulis adalah dengan melakukan asssesment terlebih dahulu. Guru menganalisis kebutuhan peserta didik dan menentukan subjek layanan. Kemudian guru membuat program dan satuan layanan sehingga proses pelaksaan nantinya dapat optimal. Langkah selanjutnya adalah melakukan bimbingan dimana guru memberikan latihan intensif kepada peserta didik yang belum dapat menulis huruf maupun menyusun kalimat. Hasil yang dicapa dalam pelaksanaan konseling ini adalah peserta didik dapat menulis huruf dengan baik, dan mulai dapat menyusun kalimat dengan tepat berdasarkan ejaan yang disempurnakan.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 26/2022/S1 Bimbingan dan Konseling
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menulis, Tuna Grahita
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Bimbingan dan Konseling
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Bimbingan Konseling
Depositing User: intan arum sari
Date Deposited: 10 Nov 2022 02:52
Last Modified: 10 Nov 2022 02:52
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/1474

Actions (login required)

View Item View Item