PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAQ MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL PONCOWATI LAMPUNG TENGAH

miftahudin, miftahudin (2021) PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAQ MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL PONCOWATI LAMPUNG TENGAH. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (952kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB) | Preview
Official URL: https://eprints.ummetro.ac.id

Abstract

Keberhasilan pendidikan karakter mengisyaratkan pembelajaran tidak serta merta dilihat dari persepektif ranah kognitif saja melainkan bagaimana keseimbangan ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Di dalam pendidikan karakter ada peserta didik dalam mengaktualisasikan nilai-nilai karakter di masyarakat dalam upaya keikut sertaan pencegahan dan penanggulangan Covid19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Apa saja indikator nilai-nilai pendidikan karakter siswa pada pembelajaran aqidah akhlaq di SMP Muhammadiyah Boarding School Poncowati, 2) Bagaimana perkembangan karakter siswa saat pandemi covid-19 di SMP Muhammadiyah Boarding School Poncowati, 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat pendidikan karakter masa pandemic covid-19 di SMP Muhammadiyah Boarding School Poncowati. Metode yang digunakan dalam jenis penelitian bersifat kualitatif lapangan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian data yang telah dikumpul di analisis menggunakan metode berpikir induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Nilai-nilai pendidikan karakter yang dilaksanakan oleh guru akidah akhlak di SMP Muhammadiyah Boarding School poncowati sudah dilaksanakan dengan baik. Hal ini dikarenakan sebagaimana yang tercantum dalam RPP yaitu: nilai religius, nilai disiplin, nilai tanggung jawab, dan nilai santun. Perkembangan karakter pada siswa di masa pandemi covid-19 dapat berjalan dengan baik. Karena perkembangan karakter dilakukan dengan cara guru memberikan lembar control karakter positif. Faktor pendukung dalam pendidikan karakter di masa pandemi covid-19 yaitu : Adanya sarana dan prasarana yang mencukupi, adanya peran orang tua, dan faktor lingkungan. Sedangkan Faktor penghambatnya yaitu faktor dari dalam diri anak itu sendiri,lingkungan pergaulan yang kurang mendukung, serta koneksi jaringan internet pada saat pembelajaran berlangsung. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Nilai-nilai pendidikan karakter yang dilaksanakan oleh guru akidah akhlak di SMP Muhammadiyah Boarding School poncowati sudah dilaksanakan dengan baik. 2) Perkembangan karakter pada siswa di masa pandemi covid-19 dapat berjalan dengan baik. Karena perkembangan karakter dilakukan dengan cara guru memberikan lembar control karakter yang positif. 3) Faktor pendukung dalam pendidikan karakter di masa pandemi covid-19 yaitu: Adanya sarana dan prasarana yang mencukupi, adanya peran orang tua, dan faktor lingkungan. Sedangkan Faktor penghambatnya yaitu faktor dari dalam diri anak itu sendiri,lingkungan pergaulan yang kurang mendukung, serta koneksi jaringan internet pada saat pembelajaran berlangsung.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 023/FAI/2021
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai pendidikan karakter, pembelajaran akidah akhlak, masa pandemi covid-19.
Subjects: 200 Agama > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M Derie Santana
Date Deposited: 29 Mar 2022 02:26
Last Modified: 29 Mar 2022 02:26
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/1320

Actions (login required)

View Item View Item