suryani, cicik (2021) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMA NEGERI 2 SIMPANG PEMATANG KABUPATEN MESUJI LAMPUNG. Tesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.
|
Text
COVER.pdf Download (548kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (190kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (253kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (835kB) | Preview |
Abstract
Upaya peningkatan mutu pendidikan di sekolah, peran kepala sekolah sangatlah penting, kepala sekolah merupakan salah satu komponen pendidikan yang paling berperan dalam meningkatkan mutu pendidikan. Tujuan dari Penelitian ini adalah mendeskripsikan peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMA Negeri 2 Simpang Pematang Kabupaten Mesuji Lampung. Untuk mendeskripsikan peran kepala sekolah memanfaatkan Data Hasil PMP sekolah dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di sekolah SMA Negeri 2 Simpang Pematang Kabupaten Mesuji Lampung. Untuk mendeskripsikan faktor–faktor yang menghambat dan mendukungdalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di SMA Negeri 2 Simpang Pematang Kabupaten Mesuji Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Peneliti bertindak sebagai pengumpul data sekaligus menganalisisnya setelah diperoleh dari lapangan. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk memperoleh data berupa pelaksanaan manajerial, supervisi dan mutu pendidikan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data induktif yang dimulai dari reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan dapat dilihat dari perannya sebagai manajer dan supervisor dalam penyelenggaraan pendidikan. Kepala sekolah sebagai manajer berperan dalam penyusunan program sekolah, mengorganisasikan personalia, menlaksanakan program, meningkatkan kinerja guru, dan melakukan optimalisasi penggunaan sumber daya sekolah. Sebagai penyusun program hendaknya kepala sekolah dapat merencanakan program kerja naik jangka pendek, menengah, dan jangka panjang. Kemudian, dalam rangka peningkatan mutu pendidikan juga memanfaatkan pemetaan mutu pendidikan untuk merencanakan mutu pendidikan yang diarahkan pada pemenuhan SPMI dan kebutuhan sarana dan prasarana. Terkait dengan faktor penghambat dalam peningkatan mutu pendidikan adalah kurangnya pembiayaan dan sarana dan prasarana yang dimiliki oleh sekolah. Sedangkan faktor pendukungnya terlihat dari adanya dukungan dari guru, karyawan, komite, dan pengawas sekolah yang membantu kepala sekolah dalam proses manajerial maupun supervisi.
Item Type: | Thesis (Tesis (S2)) |
---|---|
Additional Information: | 043/PASCA MANAJEMEN PENDIDIKAN/2021 |
Uncontrolled Keywords: | peran kepala sekolah, mutu pendidikan |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > Manajemen Pendidikan |
Divisions: | Pascasarjana > S2 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | M Derie Santana |
Date Deposited: | 21 Mar 2022 07:16 |
Last Modified: | 21 Mar 2022 07:16 |
URI: | http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/1259 |
Actions (login required)
View Item |