Apriliyani, Devi (2021) INTERAKSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA KEPRIBADIAN MUSLIM SISWA SMP N 3BATANGHARI DI MASA PANDEMI COVID 19. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.
|
Text
COVER.pdf Download (992kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (39kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (188kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (289kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (110kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang Interaksi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Kepribadian Muslim Siswa Di SMP N 3 Batanghari. Fokus penelitian yang dikaji adalah: 1. Bagaimana interaksi guru pendidikan agama Islam dalam membina kepribadian muslim di masa pandemi covid 19 pada siswa SMP N 3 Batanghari; 2. Bagaimana mengetahui kepribadian muslim siswa SMPN 3 Batanghari pada masa pandemi covid 19; 3. Seberapa efektif interaksi guru pendidikan agama Islam. Penelitian ini bertujuan: 1. Untuk mengetahui interaksi guru pendidikan agama Islam dalam pembinaan kepribadian muslim siswa SMPN 3 Batanghari pada masa pandemi covid 19; 2. Untuk mengetahui kepribadian muslim siswa SMP N 3 Batanghari selama masa pandemi covid 19; 3. Untuk mengetahui efektivitas interaksi guru pendidikan agama Islam dalam membina kepribadian muslim siswa SMP N 3 Batanghari selama masa pandemi covid 19. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan fenomenologis. Metode pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan memilah milah data yang tersedia, kemudian disajikan secara sistematis dan menarik kesimpulan. Hasil yang diperoleh, mengenai interaksi guru PAI dalam membina kepribadian muslim siswa SMP N 3 Batanghari selama masa pandemi covid 19, disimpulkan bahwa guru PAI berusaha semaksimal mungkin untuk membina dan mengarahkan siswa agar senang dan ikhlas dalam mengamalkan nilai-nilai. ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari. dengan memberikan motivasi, nasehat dan arahan selama proses belajar mengajar online. Motivasi, nasehat dan arahan tersebut seperti memberikan video yang dapat membangun kepribadian muslim siswa dan pesan suara untuk memberikan nasehat dan arahan kepada siswa dalam menjalankan ibadah seperti sholat 5 waktu berjamaah, puasa, tadarus, dan menolong sesama. Hambatan Guru PAI dalam Menumbuhkan Kepribadian Muslim, antara lain: a). Pengawasan yang terbatas dari sekolah. B). Waktu. C). Kurangnya sarana dan prasarana pendukung. D). Lingkungan sosial mahasiswa. e). Kurangnya pendidikan agama dan perhatian orang tua. F). Siswa memiliki latar belakang yang berbeda. G). Perkembangan teknologi dan informasi tidak mengenal batas. Peran Guru PAI dalam Pembinaan Kepribadian Muslim Siswa adalah guru sebagai panutan, pembimbing, supervisor, pemberi reward/punishment dan motivator.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Additional Information: | 043/FAI/2021 |
Uncontrolled Keywords: | Interaksi, Pembinaan, Kepribadian Muslim |
Subjects: | 200 Agama > Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Lina Septriani S |
Date Deposited: | 10 Mar 2022 06:15 |
Last Modified: | 10 Mar 2022 06:15 |
URI: | http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/1209 |
Actions (login required)
View Item |