PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS MUATAN LOKAL EDU-AGROWISATA RUMAH KALKUN SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI SMA PADA MATERI EKOSISTEM

rahmandhani saputri, mutiara (2021) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS MUATAN LOKAL EDU-AGROWISATA RUMAH KALKUN SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI SMA PADA MATERI EKOSISTEM. Tesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (51kB) | Preview
Official URL: https://eprints.ummetro.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) mengembangkan media video pembelajaran berbasis muatan lokal Edu-Agrowisata Rumah Kalkun, (2) menghasilkan media video pembelajaran yang baik dan layak dijadikan sebagai sumber belajar biologi pada topik ekosistem, (3) mengetahui respon pengguna produk terhadap media video pembelajaran yang dikembangkan. Produk media video pembelajaran berisi tentang konten materi ekosistem pada muatan lokal Edu-Agrowisata Rumah Kalkun di Kabupaten Pringsewu. Produk dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan yang dikemukakan oleh Trianto (2011) bahwa model pengembangan perangkat seperti yang disarankan oleh Thiagarajan, Semmel dan Semmel (1974) adalah model 4D yang terdiri dari empat tahap pengembangan yaitu: (1) Pendefinisian (Define); (2) Perancangan (Design); Pengembangan (Develop); dan (4) Penyebaran (Disseminate). Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yakni wawancara, dokumentasi, observasi, dan angket. Subjek penelitian ini adalah tiga orang dosen ahli media, dua dosen ahli materi, satu guru ahli pembelajaran biologi SMA, 15 orang peserta didik dan satu guru Biologi SMA Negeri 2 Pringsewu. Hasil penilaian uji validitas produk dari segi tampilan media menunjukkan nilai persentase 91% dengan kategori “Sangat Baik”, segi materi mendapat nilai persentase 90% dengan kategori “Sangat Baik”. Sedangkan penilaian dari guru ahli pembelajaran biologi SMA mendapat nilai persentase sebanyak 92% dengan kategori “Sangat Baik”. Selanjutnya penilaian dari segi respon pengguna oleh guru mendapat nilai persentase sebanyak 90% dengan kriteria “Sangat Setuju”, penilaian respon pengguna oleh peserta didik mendapat persentase skor sebanyak 83% dengan kriteria persentase menunjukkan “Setuju”. Produk pengembangan berupa media video pembelajaran berbasis muatan lokal Edu-Agrowisata Rumah Kalkun dinilai valid dan layak digunakan sebagai sumber belajar untuk kegiatan belajar di sekolah.

Item Type: Thesis (Tesis (S2))
Additional Information: 001/PASCA Biologi/2022
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, media video pembelajaran, muatan lokal EduAgrowisata Rumah Kalkun, sumber belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Pendidikan
500 Ilmu Murni > Biologi, Ilmu Hayati
Divisions: Pascasarjana > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: M Derie Santana
Date Deposited: 01 Mar 2022 07:34
Last Modified: 01 Mar 2022 07:34
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/1205

Actions (login required)

View Item View Item