Rahmawati, Novi (2021) PERAN SUPERVISI BK DALAM MENINGKATKAN PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMA NEGERI 4 METRO TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (983kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (11kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (76kB) | Preview |
Abstract
Fokus dalam penelitian ini terletak pada Peran Supervisi Bimbingan dan Konseling dlam meningkatkan pelasakaan layanan Bimbingan dan Konseling oleh Guru BK di SMA Negeri 4 Metro. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana peran supervisi BK dalam perencanaan layanan BK di SMA Negeri 4 Metro. (2) Bagaimana peran supervisi BK dalam Kegiatan Supervisi BK di SMA Negeri 4 Metro. (3) Bagaimana peran Supervisi Bimbingan dan Konseling dalam kegiatan Evaluasi layanan bimbingan dan Konseling oleh guru bimbingan dan konseling di SMA Negeri 4 Metro. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui peran supervisi dalam perencanaan layanan BK di SMA Negeri 4 Metro. (2) untuk mengetahui peran supervisi dalam Kegiatan Supervisi BK di SMA Negeri 4 Metro dan (3) Untuk mengetahui peran supervisi Bimbingan dan Konseling dalam evaluasi layanan bimbingan dan Konseling oleh guru bimbingan dan konseling di SMA Negeri 4 Metro. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Kehadiran peneliti sebagai pengumpul data penelitian sekaligus menganalisis data. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan lembar wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data deskriptif induktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Peran supervisi bimbingan dan konseling dalam aspek perencanaan layanan bimbingan dan konseling untuk meningkatkan kualitas layanan adalah memeriksa, menilai, dan membimbing guru dalam menyusun perangkat layanan, angket kebutuhan peserta didik, membantu memberikan masukan cara mengidentifikasi masalah peserta didik, memeriksa program bimbingan dan memberikan kelayakan pada program dan RPL yang telah dibuat guru. Peran supervisi bimbingan dan konseling dalam aspek pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling adalah dengan memantau, membimbing, dan mengarahkan guru dalam pelaksanaan layanan agar sesuai dengan standar penilaian yang telah ditetapkan. Peran supervisi bimbingan dan konseling pada aspek evaluasi layanan adalah dengan memberikan bantuan kepada guru menilai dan membuat proses tindak lanjut layanan, memberikan saran-saran dan masukan kepada guru bimbingan dan konseling untu selalu melakukan evaluasi dengan segera setelah melakukan kegiatan layanan.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Additional Information: | 014/Bimbingan & Konseling/2021 |
Uncontrolled Keywords: | Supervisi bimbingan dan konseling, pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Bimbingan Konseling |
Depositing User: | Lina Septriani S |
Date Deposited: | 01 Mar 2022 02:36 |
Last Modified: | 01 Mar 2022 02:36 |
URI: | http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/1199 |
Actions (login required)
View Item |