PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN, PEMAHAMAN AKUNTANSI DAN PELATIHAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN TERHADAP PELAPORAN KEUANGAN UMKM (Studi Kasus pada UMKM di Kelurahan Sumbersari)

suci jayanti, okta (2021) PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN, PEMAHAMAN AKUNTANSI DAN PELATIHAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN TERHADAP PELAPORAN KEUANGAN UMKM (Studi Kasus pada UMKM di Kelurahan Sumbersari). Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (57kB) | Preview
Official URL: https://eprints.ummetro.ac.id

Abstract

Berdasarkan temuan lapangan didapatkan permasalahan yang terjadi adalah banyak UMKM yang belum melakukan penyusunan laporan keuangan sesuai dengan standar akuntansi, hal ini disebabkan kurangnya tenaga akuntan ahli untuk menyusun laporan keuangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan, pemahaman akuntansi, dan pelatihan penyusunan laporan keuangan terhadap penyusunan pelaporan keuangan UMKM di kelurahan Sumber Sari Bantul. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Dengan jenis penelitian explanatory survey. Teknik penentuan sampelnya adalah simple random sampling dengan menggunakan rumus slovin sebagai penentuan sampel yang digunakan dari populasi sebanyak 128 UMKM, sebanyak 56 UMKM yang dijadikan sampel penelitian. Sebagai alat ukur digunakan 60 item kuisioner dengan pengukuran skala likert dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menggunakan uji t (parsial) menunjukan nilai negatif dari pengaruh tingkat pendidikan terhadap penyusunan laporan keuangan yaitu thitung>ttabel (-0,315 1,675), nilai positif dari pengaruh pemahaman akuntansi terhadap penyusunan laporan keuangan yaitu thitung>ttabel (4,361 1,675), dan nilai positif dari pelatihan penyusunan laporan keuangan terhadap penyusunan laporan keuangan yaitu thitung>ttabel (3,156 1,675). Sedangkan pada uji f (simultan) menunjukan nilai dari pengaruh tingkat pendidikan, pemahaman akuntansi dan pelatihan penyusunan laporan keuangan secara simultan terhadap penyusunan laporan keuangan yaitu fhitung > ftabel (45,144 > 2,56). Dari perhitungan nilai R square kemampuan variabel bebas dalam menjelaskan varians dari variabel terikat adalah sebesar 72,3%, yang artinya terdapat 27,7% varians variabel terikat dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 080/AKUNTANSI/2021
Uncontrolled Keywords: Penyusunan Laporan Keuangan, Tingkat Pendidikan, Pemahaman Akuntansi, Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan
Subjects: 600 Ilmu Terapan > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Akuntansi
Depositing User: M Derie Santana
Date Deposited: 25 Feb 2022 01:32
Last Modified: 25 Feb 2022 01:32
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/1189

Actions (login required)

View Item View Item