SETIAWAN, HERI (2021) KORELASI AKTIFITAS BERORGANISASI DENGAN KEDISIPLINAN BELAJAR PESERTA DIDIK MTs MUHAMMADIYAH 1 WAY BUNGUR KABUPATEN LAMPUNG TIMUR. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.
|
Text
COVER.pdf Download (693kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (153kB) | Preview |
Abstract
Sebuah organisasi sangat penting dikalangan pelajar, karena selain untuk menambah wawasan dan pengetahuan juga sangat membantu peserta didik dalam mengatur kedisiplinan baik disiplin beribadah juga disiplin belajar. Oleh karena itu organisasi sangat dibutuhkan disekolah/madrasah untuk menambah wawasan dalam mengatur kedisiplinan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Bagaimana aktivitas berorganisasi Peserta Didik MTs Muhammadiyah 1 Way Bungur Lampung Timur, 2) Bagaimana Kedisiplinan Belajar Peserta Didik MTs Muhammadiyah 1 Way Bungur Lampung Timur, dan 3) Adakah korelasi signifikan antara Aktivitas Berorganisasi dengan Kedisiplinan Belajar Peserta Didik MTs Muhammadiyah 1 Way Bungur Lampung Timur. Metode yang digunakan dalam jenis penelitian bersifat kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket, interview/wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian data yang telah dikumpul di analisis menggunakan metode produk moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya korelasi antara aktifitas berorganisasi dengan kedisiplinan belajar peserta didik MTs Muhammadiyah 1 Way Bungur Kabupaten Lampung Timur tidak mempunyai dampak atau pengaruh terhadap kedisiplinan belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Aktivitas berganisasi sangat di minati banyak peserta didik, bahkan peserta didik dan orang tua sangat bangga dengan adanya organisasi intra sekolah, 2) Kedisiplinan belajar peserta didik tidak akan menurun dengan peserta didik aktif berorganisasi, selama peserta didik tersebut mampu mengatur dan membagi waktu belajar dengan baik, dan 3) Analisis data “r” hitung sebesar 0,98, maka dengan demikian koefisien korelasinya sangat kuat atau tinggi, dimana “r” berada diantara 0,90 – 1,00. Dengan demikian ada korelasi antara aktifitas berorganisasi dengan kedisiplinan belajar peserta didik MTs Muhammadiyah 1 Way Bungur Kabupaten Lampung Timur. Jadi, hasil penelitian ini ada hubungan signifikan antara aktivitas berorganisasi dengan kedisiplinan belajar peserta didik (H i ).
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Additional Information: | 016/PAI/2021 |
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas Berorganisasi, Disiplin Belajar, Peserta Didik |
Subjects: | 200 Agama > Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | M Derie Santana |
Date Deposited: | 02 Feb 2022 02:15 |
Last Modified: | 02 Feb 2022 02:15 |
URI: | http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/1041 |
Actions (login required)
View Item |