PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN DENGAN METODE TIKRAR ARBAIN PADA SANTRI DIRUMAH QUR’AN AL-IZZAH KOTA METRO

fatdila, liana (2021) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN DENGAN METODE TIKRAR ARBAIN PADA SANTRI DIRUMAH QUR’AN AL-IZZAH KOTA METRO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (635kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (199kB) | Preview
Official URL: http://eprints.ummetro.ac.id/

Abstract

Peran adalah keseluruhan tingkah laku atau tindakan yang dimiliki seseorang dalam memberikan ilmu pengetahuan kepada peserta didik. Seseorang dikatakan menjalankan peran apabila ia dapat menjalankan hak dan kewajiban yang merupakan bagian dari status yang disandangnya. Upaya yang dapat dilakukan dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an yaitu dengan melakukan pendampingan terhadap peserta didik. Ada beberapa kesenjangan yang terjadi dalam pelaksanaan pembelajaran hafalan Al-Qur’an yaitu masih banyak santri yang belum bisa membaca Al-Qur’an dan menghafal Al-Qur’an belum optimal. Keadaan yang menjadi penghambat bagi guru adalah sifat malas yang dialami oleh santri, akibatnya hafalan yang sudah dimiliki oleh santri tidak bertambah. Tujuan penulisan dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an pada santri. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data di analisa dengan cara memilah data yang sudah tersedia, kemudian disajikan secara sistematis agar diperolehnya suatu kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mengenai peran guru dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an disimpulkan bahwa peran yang dilakukan guru kepada santri adalah keaktifan guru tahfidz dalam memotivasi santri, membimbing santri dalam menghafal Al-Qur’an. Saran yang dapat peneliti sampaikan hendaknya guru selalu mengarahkan santri agar selalu membaca AlQur’an dan menguatkan hafalannya supaya bertambah.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Creators:
CreatorsNIM/NPMEmail
fatdila, liananim17250020UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorcahyono, herinidn0207088902UNSPECIFIED
Thesis advisorsujino, sujinonidn0206057702UNSPECIFIED
Thesis advisorIswati, Iswatinidn0212048503UNSPECIFIED
Additional Information: 018/PAI/2021
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, menghafal, metode tikrar
Subjects: 200 Agama > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M Derie Santana
Date Deposited: 28 Jan 2022 03:56
Last Modified: 28 Jan 2022 03:56
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/1034

Actions (login required)

View Item View Item