PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS ORIENTATION DEVELOP DO DISCUSS REFLECT (OD3R) DILENGKAPI SOAL BERBASIS HOTS PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN

Kusumasyari, Denti (2021) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS ORIENTATION DEVELOP DO DISCUSS REFLECT (OD3R) DILENGKAPI SOAL BERBASIS HOTS PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (493kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (536kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (302kB) | Preview
Official URL: http://eprints.ummetro.ac.id/

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk e-modul yang dapat menjadi alternatif sumber belajar yang layak dipakai dalam pembelajaran baik secara luring maupun daring. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan jenis pengembangan 4D model oleh Thiagarajan. Tahapan model pengembangan ini pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Tahap pengembangan berisi validasi dan revisi. Validasi yang dilakukan dalam 2 tahap antara lain, validasi ahli desain (oleh 3 dosen), validasi ahli materi (oleh 2 dosen dan 1 guru), dan validasi ahli soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) (oleh 3 dosen). Validasi dilakukan untuk melihat kelayakan produk e-modul sebelum diuji ke peserta didik dalam uji coba kelompok kecil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan e-modul berbasis OD3R dilengkapi soal berbasis HOTS termasuk kriteria layak untuk digunakan dalam pembelajaran pada materi sistem pencernaan dengan kategori sangat baik berdasarkan tampilan desain 91,7%, isi materi 89,5%, komponen soal HOTS 89%, dan angket respon peserta didik 88,2%. Pengembangan e-modul ini dapat digunakan sebagai salah satu sumber belajar bagi peserta didik SMA di kelas XI IPA semester ganjil pada materi sistem pencernaan. E-modul dapat diakses setiap saat. E-modul dilengkapi soal berbasis HOTS untuk melatih kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik dan mengukur pemahamannya setelah mempelajari materi. E-modul dapat dibagikan melalui link google drive dan dapat diakses melalui smartphone maupun komputer.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 012/Pend.Biologi/2021
Uncontrolled Keywords: E-modul, Orientation Develop Do Discuss Reflect (OD3R), HOTS
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Pendidikan
500 Ilmu Murni > Biologi, Ilmu Hayati
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Dharma Prasetyawan
Date Deposited: 28 Jan 2022 03:31
Last Modified: 28 Jan 2022 03:31
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/1028

Actions (login required)

View Item View Item