PENGARUH VARIASI DOSIS PUPUK ORGANIK CAIR (POC)BONGGOL PISANG DAN ARANG SEKAM TERHADAP PERTUMBUHAN SELADA (Lactuca sativa L) SEBAGAI PANDUAN PRAKTIKUM BIOLOGI

Widodo, Andi (2020) PENGARUH VARIASI DOSIS PUPUK ORGANIK CAIR (POC)BONGGOL PISANG DAN ARANG SEKAM TERHADAP PERTUMBUHAN SELADA (Lactuca sativa L) SEBAGAI PANDUAN PRAKTIKUM BIOLOGI. Tesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (625kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LITERATUR.pdf

Download (238kB) | Preview
Official URL: http://eprints.ummetro.ac.id

Abstract

Selada merupakan tanaman sayuran yang sangat familiar di lingkungan masyarakat Indonesia.Di Indonesia sendiri kebutuhan akan tanaman selada bisa dibilang cukup banyak. Mulai dari restoran, hotel, rumah makan, hingga untuk kebutuhan rumah tangga. Selada banyak digemari oleh masyarakat Indonesia karena kandungan gizi serta manfaatnya yang cukup baik. Berdasarkan data produksi tanaman sayur-sayuran dariDinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan Kota Metro produksi selada rata-rata 1,4 ton/ ha masih jauh di bawah produksi maksimal yaitu 15 ton/ ha menurut referensi. Berdasarkan data hasil produksi tanaman sayuran di kota metro dapat diketahui produktivitas sayuran khususnya selada belum maksimal. Oleh sebab itu penulis ingin mencoba melakukan penelitian dengan penerapan budi daya selada dengan menggunakan Pupuk Organik Cair (POC) bonggol pisang sebagai alternatif penggunaan pupuk dalam budi daya selada organik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian variasi Pupuk Organik Cair (POC) bonggol pisang terhadap pertumbuhan selada (Lactuca sativa L). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Perlakuan dalam penelitian ini adalah pemberian variasi dosis POC bonggol pisang dengan tiga perlakuan dengan empat kali ulangan. Perlakuan pertama P0 0 ml, P1 50 ml, dan P2 100 ml. Untuk media tanam menggunakan dua perlakuan yaitu M0 tanpa arang sekam dan M1penambahan arang sekam.: Parameter yang diukur dalam penelitian ini meliputi tinggi tanaman, jumlah helai daun, dan berat basah selada. Hasil data pengamatan dalam penelitian inidilakukananalisis statistika menggunakan aplikasi SPSS yang meliputi Two Way Anava. Berdasarkan hasil analisis anava menunjukkan bahwa pemberian POC bonggol pisang memberikan pengaruh nyata terhadap pertumbuhan selada pada parameter tinggi tanaman dan berat basah selada. Hasil rerata tinggi tanaman selada terdapat pada perlkuan M0P2yaitu sebesar 13,6 cm. Sedangkan rerata berat basah selada tertinggi pada perlakuan M0P2 sebesar 114,3 gram. Untuk interaksi media dan pupuk berpengaruh nyata pada parameter berat basah selada. Berdasarkan hasil uji validasi materi dan desain produk oleh dua orang dosen ahli diperoleh nilai dengan rata-rata 75 dan 74 dengan kriteria baik, oleh sebab itu hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai panduan praktikum pembuatan POC bonggol pisang.

Item Type: Thesis (Tesis (S2))
Creators:
CreatorsNIM/NPMEmail
Widodo, Andinpm18230011UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSujarwanta, Agusnip196310051988031005UNSPECIFIED
Thesis advisorWidowati, Heningnip196305241992032001UNSPECIFIED
Thesis advisorSutanto, Agusnip196208271988031001UNSPECIFIED
Additional Information: 021/PASCA Biologi/2020
Uncontrolled Keywords: POC, pumakkal, bonggol pisang, pertumbuhan, selada (Lactuca sativa L).
Subjects: 500 Ilmu Murni > Biologi, Ilmu Hayati
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Biologi (S2)
Depositing User: editor library ummetro
Date Deposited: 20 Oct 2020 02:34
Last Modified: 20 Oct 2020 02:34
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/101

Actions (login required)

View Item View Item